Sang "Pambakal" Nakhodai PAN Tanah Bumbu, Percaya Diri Menangkan Pilkada 2024

KARIR POLITIK: Ketua PAN Tanah Bumbu H Agoes Rakhmady | FOTO: JURNAL BANUA
Walau sekarang kiprahnya telah melejit di kalangan elit partai, tapi penghormatan warga kepadanya tetap melekat dengan sebutan: Pambakal.

JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Peta kekuatan politik partai PAN di Tanah Bumbu dipastikan bertambah dengan terpilihnya H Agoes Rakhmady sebagai Ketua DPD, menggantikan Hamsiah.

Informasi tersebut terang saja membuat heboh. Pasalnya, Agoes bukanlah kader senior PAN. Dia sebelumnya adalah kader partai berlambang beringin, Golkar. Baru di jelang pemilu 2024 tadi dia pindah ke PAN.

Dari beberapa sumber di internal PAN Tanah Bumbu, Agoes mendapat mandat salah satu alasannya, karena kinerjanya yang dianggap signifikan. Dalam meningkatkan raihan suara partai penanda era reformasi tersebut ketika pemilu tadi.

PAN yang awalnya hanya memiliki dua kursi di parlemen, sekarang berhasil mendapatkan lima kursi. Dengan itu, PAN kini bertengger di posisi empat besar, bersama Gerindra, PKB dan PDI P.

Ketika diwawancarai, prria yang akrab disapa Pambakal Agoes ini tidak berkelit. Dia mengakui SK telah dia terima di pertengahan Mei.

Tapi dia tegas menolak anggapan kalau dianggap paling berjasa dengan keberhasilan PAN. "Keberhasilan tersebut adalah kerja kolektif semua kader PAN saat itu. Yang bergerak militan dari desa ke desa menggalang suara," tegasnya.

Saat ini ujarnya, dia diberikan amanat oleh PAN untuk membawa partai ini bersinar pada Pemilukada 2024 yang sudah ada di depan mata.

"Jadi sekarang fokus kami ke sana. Dan saya dipercaya untuk menakhodai partai ini di Tanah Bumbu. Kepercayaan yang sebenarnya merupakan tanggung jawab yang wajib saya jalankan dengan loyalitas dan kerja keras," tekannya.

Lantas apakah dia akan melakukan perubahan besar-besaran di internal PAN Tanah Bumbu?

Dengan tersenyum mantan pambakal atau kepala desa Gunung Antasari ini menegaskan, PAN masih percaya diri dengan formasi yang telah ada sekarang ini. Jika juga ada perubahan, sifatnya hanya penyegaran atau kaderisasi bakal-bakal pemimpin di PAN Tanah Bumbu.

Sementara itu, kepemimpinan Agoes sendiri telah mendapat pengakuan dari para petinggi partai politik lainnya. Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem Kalimantan Selatan, Tajerian Noor memberikan ucapan selamat kepadanya menggunakan format desain  poster.

Hal yang sama juga dilakukan Ketua DPD Nasdem Tanah Bumbu H Rahmat Trianto,  Ketua DPC Gerindra Tanah Bumbu H Difriadi Darjat, Ketua DPC PKB Tanah Bumbu H Hasanuddin, dan Ketua DPD PKS Tanah Bumbu Sigit Prasetyo.

Untuk diketkahui, Agoes merupakan pria kelahiran Tanah Bumbu 44 tahun silam tersebut memulai karir politiknya sebagai Kepala Desa Gunung Antasari periode 2006 - 2011.

Saat menjabat sebagai kepala desa atau pambakal itulah kepemimpinan Agoes mencuri perhatian partai-partai politik di daerah. Dan karena jabatan itu pula, Agoes mendapat gelar pambakal yang familiar di koleganya sampai sekarang.

"Jadi kadang ada orang nanya, Agoes yang mana. Setelah dikasih tahu Pambakal Agoes baru orang itu mengerti, bahwa Agoes yang dimaksudkan adalah saya," kekehnya.

Momentum politik Agoes yang pertama terjadi di Tahun 2014, dia menjadi anggota Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu setelah menggantikan politisi senior Golkar Andi Tanrang yang diberhentikan.

Menduduki posisi tinggi tersebut nama Pambakal Agoes semakin populer. Pembawaannya yang supel dan taktis, membuatnya mendapatkan simpati dari kolege-kolega barunya di lingkaran politik dan birokrasi daerah.

Sarjana administrasi publik ini pun dikenal cepat dalam bertindak. Dia lebih suka bekerja langsung daripada menghabiskan waktu dengan rentetan rapat birokrasi.

"Sebenarnya saya ini latar belakangnya pengusaha, tapi begitu terjun langsung ke dunia politik birokrasi saya akhirnya sadar. Kalau daerah ini tidak akan bisa cepat maju kalau kita tidak berjuang di politik. Pengusaha bisa memberikan sumbangsih ekonomi, tapi kebijakan pemerintah yang tepat dapat lebih mempercepat akselerasi pembangunan," ujarnya.

Apa harapannya ke depan dengan kekuatan lima kursi PAN di Tanah Bumbu, Agoes mengatakan, yang paling dekat tentu saja mempersiapkan Pilkada 2024 yang sudah di depan mata. Dia ingin, kader PAN dapat mengambil momentum yang ada ini dengan maksimal.

"Saya pikir dengan amunisi kami yang ada sekarang, PAN sudah dapat memberikan nilai tawar yang jauh lebih besar dalam peta perpolitikan daerah. Kami berharap, PAN dengan kolaborasi rekan-rekan dari partai lain yang memiliki visi dan misi yang sama untuk daerah dapat meraih simpati mayoritas warga," pungkas pria yang hobi memancing di laut ini. (zal/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar