Anda Milenial Tanah Bumbu? Ide Keren Caleg Muda ini Layak Anda Simak...

MUDA: Caleg Nasdem Dapil 1 Tanah Bumbu (dua dari kiri) berpose bersama para seniornya di acara jalan sehat restorasi, Satui, Tanah Bumbu, Minggu 12 November 2023 | Foto: IST
JURNALBANUA.COM, SATUI - Semangat dan optimisme caleg muda dari Nasdem Tanah Bumbu semakin membara. Menurutnya, warga telah menaruh harapan besar kepada para anak muda untuk memimpin daerah ini, khususnya dari kalangan milienial  dan generasi Z.

Animo warga tersebut dia petik usai menghadiri jalan sehat restorasi partainya di Kecamatan Satui, Minggu 12 November tadi pagi. Diperkirakan lebih 7 ribu warga hadir dan membanjiri jalan utama kabupaten Tanah Bumbu yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tanah Laut ini.

Dalam perbincangannya dengan warga di sana, Andi Heri menyimpulkan kalau warga selama ingin perubahan, khususnya dalam pengalaman birokrasi di daerah.

"Dan sebenarnya itu telah tergambar sejak awal. Warga yang hadir di acara jalan sehat banyak dari kalangan milenial, mereka berharap banyak akan perubahan yang lebih berpihak kepada gagasan anak muda," ujarnya kepada Jurnal Banua.

Menurut Heri, harapan itu adalah keniscayaan. Faktornya sederhana, bahwa tidak dapat dipungkiri peran pemerintah daerah kepada gagasan anak muda masih kurang.

Dia memberikan contoh. Film Saranjana misalnya. Semestinya pemerintah bisa menangkap dan mengelola ide tersebut untuk keuntungan wisata di daerah. Tapi sayangnya hal tersebut belum atau  tidak terlihat.

"Dalam beberapa tahun ke depan, kita semakin sengit dalam bersaing dengan negara lain dalam bidang apa pun. Kalau kita tidak berpihak pada masa depan anak muda kita, maka kita akan semakin tertinggal," tekannya.

Untuk itu, Heri mengajak semua warga di Tanah Bumbu agar berpihak kepada gagasan. Seperti yang dicita-citakan, salah satunya oleh partai Nasdem.

"Kita di Kalsel memiliki hampir semua sumber daya alam yang dapat kita manfaatkan untuk membuat daerah ini semakin sejahtera. Tapi belum ditunjang dengan kapasitas SDM kita, sehingga kita masih sulit dalam bersaing denga daerah lain" bebernya.

Bagaimana teknis yang akan dia terapkan jika nanti menjadi salah satu perwakilan rakyat di DPRD Tanah Bumbu?

Sederahana kata penyuka film The Pursuit of Happyness ini: mengutamakan kebijakan anggaran untuk meningkatkan sumber daya manusia para milenial dan Gen Z, sekaligus mengawal semua program yang berpihak ke arah sana.

"Misalnya, kita harus mengalokasikan anggaran pendidikan untuk membuat buku sendiri yang akan menjadi sarana kita dalam membina mental sekaligus nalar generasi kita. Contoh, sejarah perjuangan Pagatan bukunya sangat minim, padahal pesan moral sejarah itu sangat kuat," jelasnya.

Contoh lain, Heri juga akan memperjuangkan anggaran kreativitas anak  muda mempunya wadah produksi sekaligus pasarnya. Musik dan film adalah sedikit dari beberapa ide yang akan dia kembangkan ke depannya.

"Semua itu tidak dapat terwujud kalau kita tidak berpihak pada masa depan. Saya bersyukur sejak masuk ke Nasdem, saya banyak mengenal orang-orang hebat yang mempunyai kepedulian kepada masa depan anak muda," pungkasnya. (zal/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar