Pendapatan daerah Naik, Dewan Apresiasi Pemkab Kotabaru



Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Kalangan wakil rakyat di DPRD Kotabaru mengapresiasi pemerintah daerah setempat atas kenaikan anggaran pendapatan dan belanja daerah di beberapa sektor tahun 2022 ini.

Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis mengatakan, kenaika pendapatan pada APBD Kotabaru 2022 ini berasal dari pajak dan sumber sumber PAD lainnya.

"Kenaikan pendapatan tersebut berasal dari pajak, dan bagi hasil yang mencapai Rp252 miliar, seperti yang tertuang dalam Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) perubahan anggaran Tahun 2022," katanya, Kamis (18/8/2022).

Dijelaskan Syairi, ketika APBD Kotabaru naik maka akan berimbas pada belanja sesuai dengan kebutuhan program, dan visi dan misi Bupati Kotabaru.

"Penambahan bagi hasil mencapai kisaran 100 persen, sedangkan kenaikan pendapatan asli daerah (PAD) di sektor pajak dari hasil salah satu perusahaan yang membayarkan pajak sebesar Rp63 miliar," ujarnya.

Atas dasar itu, pihaknya meminta eksekutif, khususnya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) penghasil, agar lebih maksimal lagi menggali potensi pendapatan dan mengevaluasi kendala yang mengakibatkan tidak maksimalnya penerimaan daerah.

"Kami di DPRD mendorong Pemda mencari peluang meningkatkan PAD, kami yakin tahun depan jumlahnya akan naik dari tahun ini," harapnya.(saa/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar