Aplikasi Kipin untuk Sekolah Segera Disosialisasikan, Begini Penjelasan Duta dari Betung

Guru SDN Betung, M Yusuf terpilih menjadi Duta Kipin (kios pintar) yang digagas oleh Kemendikbud.
Siswa menunjukkan aplikasi Kipin | Foto: IST
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Guru SDN Betung, M Yusuf terpilih menjadi Duta Kipin (kios pintar) yang digagas oleh Kemendikbud.

Dalam keterangannya, Yusuf menjelaskan, Duta Kipin merupakan program bagi seluruh guru sekolah di Indonesia yang bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang pembelajaran kelas digital.

Di setiap kota/kabupaten akan dipilih beberapa guru untuk menjadi Duta Kipin. Total yang akan dipilih 1028 yang mewakili 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Dari masing-masing kabupaten akan dipilih dua orang.

Yusuf juga mengatakan bahwa sebelum terpilih menjadi Duta Kipin, peserta harus mengikuti alur seleksi.

Mulai dari sistem pembelajaran Kipin School 4.0, mengajarkan kepada semua siswa yang diajar dalam 1 kelas.

Mencoba perpustakaan digital internal sekolah. Belajar membuat paket soal untuk asesmen. Hingga mengenal digitalisasi sekolah tanpa internet.

"Alhamdulillah setelah melakukan serangkaian alur seleksi, akhirnya saya berhasil lolos sebagai Duta Kipin di Kabupaten Tanah Bumbu," ujar Yusuf kepada Jurnal Banua, Sabtu (6/2/21) tadi.

M Yusuf terpilih jadi Duta Kipin di Tanah Bumbu | Foto: IST
Dia menjelaskan, Kipin merupakan media pembelajaran berbasis digital.

Salah satu programnya adalah alikasi Kipin School 4.0 yang memuat ribuan konten pembelajaran.

Kipin School 4.0 dilengkapi dengan teknologi Download & Go, yang membuat siswa bisa mengunduh ribuan materi pelajaran cukup sekali saja. Setelah itu dapat digunakan tanpa jaringan internet. Semua data sudah tersimpan dalam perangkat masing-masing.

"Rencananya dalam beberapa hari ke depan, saya akan mulai mensosialisikan aplikasi ini di KKG (Kelompok Kerja Guru). Dan bila memungkinkan bersambung lagi ke tingkat kecamatan dan seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu," ungkapnya.

Dari laman resmi Kipin, Kipin School ialah sebuah aplikasi yang dibuat untuk siswa SD, SMP, SMA dan SMK 

Berisi pustaka pembelajaran lengkap dengan sistem ujian yang ditujukan untuk sekolah-sekolah di Indonesia sebagai sarana belajar dan berlatih dalam satu paket.

Aplikasi “Kipin School 4.0” ,dapat digunakan untuk mendownload beragam materi pelajaran seperti 2500+ Buku Pelajaran Sekolah (terbitan Kemdikbud), 1500+ Video Pendidikan, 25.000+ Soal Latihan Tryout dan 200+ Komik Literasi untuk seluruh tingkat SD, SMP, SMA & SMK yang sangat dibutuhkan oleh semua sekolah dan siswa diseluruh Indonesia. (ryn/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

1 komentar: