Pejabat Tanbu Dites Kompetensinya di RS Marina, Sekda Minta Mereka Jawab Jujur

Sekda Tanbu Ambo Sakka meminta semua pejabat eselon tiga dan empat yang ikut tes kompetensi, menjawab soal dengan jujur. "Jangan ada yang disembunyikan," ujarnya
Sekda Tanah Bumbu Ambo Sakka menyerahkan cindera mata ke Manajer Pelayanan Medik RS Marina Permata, tanda dimulainya kerja sama kegiatan asasement pegawai di daerah ini | Foto: Jurnal Banua
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Sekda Tanbu Ambo Sakka meminta semua pejabat eselon tiga dan empat yang ikut tes kompetensi, menjawab soal dengan jujur. "Jangan ada yang disembunyikan," ujarnya.

Dengan memberikan jawaban yang maksimal, Sekda mengatakan, nilai atau hasil nanti merupakan gambaran yang valid.

Penekanan itu dia sampaikan saat membuka kegiatan asesmen Eselon III dan IV di RS Marina Permata, Tanah Bumbu, Senin (11/1) tadi.

Sedikitnya ada 105 pejabat yang ikut tes. Mereka dibagi dalam tiga grup. Satu grup berisi sekitar 35 orang, yang akan menjalani tes selama sehari.

Tujuannya, agar pemerintah daerah mendapat gambaran spesifik kemampuan dan kompetensi masing-masing pejabat. "Supaya jabatan nanti sesuai dengan kemampuannya," jelas Sekda.

Sementara itu, Manajer Pelayanan Medik RS Marina Permata, Dwi Kartika Purbaningrum menjelaskan, tes itu merupakan layanan Poli Psikologi milik rumah sakit. "Walau ini layanan baru, tapi semua tim kami sudah mendapatkan akreditasi," jelasnya.

Lanjut Dwi, asesmen kompetensi psikologi untuk pejabat Pemkab Tanbu Eselon III dan IV dilaksanakan guna mendapatkan informasi secara lengkap dan objektif tentang aspek psikologis.

Terutama dalam hal kesiapan mental, kemampuan umum, sikap kerja, kepribadian, kepemimpinan, dan kompetensi dasar yang dimiliki oleh SDM.

Standar kompetensi yang digunakan mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomer 38 tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara.

Amntara lain: integritas, kerja sama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik.

Kemudian juga: pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, pengambilan keputusan, dan kemampuan sosial kultural.

Asesmen tersebut juga menambahkan kompetensi dasar lainnya yang sangat mendukung posisi jabatan eselon III dan IV yaitu aspek Kepemimpinan dan Inisiatif.

Metode yang digunakan antara lain tes tertulis (psikotes), diskusi kelompok terarah (focus group discussion), dan wawancara (interview). (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar