Katir Race 2020, Gambaran Keberanian dan Pengetahuan Nelayan Kotabaru

Perahu katir bersiap lomba di perairan Pulau Kerayaan

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Belasan perahu katir melaju mengelilingi laut. Hanya mengandalkan layar dan nahkoda, perahu itu adu cepat mengelilingi pulau.

Katir Race 2020 resmi digelar di Pulau Kerayaan, Sabtu (22/8) siang tadi.

Ada dua kategori lomba. Perahu Katir Besar diikuti 11 peserta. Sementara kategori kecil diikuti 7 peserta.

Katir Race rutin diadakan tiap tahun. Untuk melestarikan tradisi keearifan lokal nelayan di sana.

Ketua Panitia Hamdi mengatakan, zaman dahulu, nenek moyang warga pulau hanya mengandalkan katir. Merantau dari Sulawesi ke Kotabaru.

Bisa dibayangkan katanya, pengetahuan dan keberanian nelayan bahari.

Sejatinya, lomba bisa jauh lebih meriah lagi. Namun panitia terbatas anggaran. Anggaran desa banyak dialihkan ke penanganan corona.

"Tahun ini kita swadaya masyarakat dan perusahaan," jelasnya.

Lomba katir itu sendiri dibuka oleh Bupati Sayed Jafar.

"Merupakan pelestarian sejarah nenek moyang zaman dulu. Jangan sampai anak-anak kita nantinya tidak tahu asal muasal lomba katir ini," ucap Sayed Jafar dalam sambutannya.

Diungkapkannya juga, bahwa lomba perahu katir itu hanya ada di kotabaru, tidak ada di kabupaten lain di Kalsel. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari luar untuk berkunjung ke kotabaru.

"Dengan demikian, agro bisnisnya bisa tersentuh, sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat," pungkasnya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar