Rahmat dan Sudian ke Senayan, Warga Siap Tagih Jembatan Pulau Laut

SAHABAT: Eks Dandim Tanah Bumbu H Rahmat Trianto (kiri) dan eks Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor (kanan) disebut akan lolos ke kursi Senayan mewakili Dapil II Kalsel | Foto: IST
JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - KPU Kalsel telah merilis hasil sementara perkiraan lima nama besar yang akan menjadi perwakilan Dapil II Kalimantan Selatan.

Dari lima nama itu, ada dua nama yang disambut positif warga tenggara Kalimantan Selatan. Mereka adalah H Rahmat Trianto dari partai Nasdem dan H Sudian Noor dari PAN.

Rahmat dan Sudian punya janji besar di tenggara. Bedanya Rahmat melempar janji itu di Kabupaten Kotabaru, Sudian di Tanah Bumbu.

Janji jembatan Pulau Laut ke Pulau Kalimantan yang menjadi koneksi pulau indah dan kaya sumber daya alam ke daratan penyangga IKN, menjadi yang pertama akan dikejar warga.

"Salah satu faktor banyaknya suara dukungan ke Rahmat adalah karena dia menjanjikan akan memperjuangkan jembatan Pulau Laut," kata Ketua DPD Nasdem Kotabaru, Farid Budiman kepada Jurnal Banua.

Daya gedor janji jembatan itu juga nyatanya mampu mengungkit perolehan suara Sudian Noor di Tanah Bumbu.

"Harus kita akui, jembatan itu salah satu yang paling dirindukan warga. Sudian berhasil meyakinkan warga di Tanah Bumbu soal ini," kata Hakim, jurnalis senior yang intens memantau aksi kampanye Sudian.

Dari pantauan Jurnal Banua selama sebulan terakhir masa kampanye, khususunya di pesisir tenggara Kalimantan Selatan, secara umum warga memang mayoritas menginginkan perbaikan sarana infrastruktur.

Semua upaya warga untuk melakukan terobosan di bidang ekonomi selalu terhalang tembok klasik: jalan dan jembatan rusak.

Sehingga jika tidak ada perubahan suara, maka kedua politikus ini akan diuji integritasnya melalui keberlanjutan pekerjaan jembatan Pulau Laut.

Menariknya, Rahmat dan Sudian merukapan eks pejabat di Tanah Bumbu 2021. Saat itu Rahmat menjabat sebagai Dandim dan Sudian sebagai Bupati Tanah Bumbu.

Seperti diketahui, Komisioner KPU Kalsel Fahmi Failasopa di Banjarmasin, Selasa 5 Februari 2024, mengatakan lima kandidat berpeluang besar menuju Senayan berdasarkan data jumlah suara dari 6.092 TPS atau 100 persen, serta rekapitulasi suara Model D hasil Kecamatan-DPR dari 55 kecamatan dan rekapitulasi suara Model D  hasil kabupaten/kota-DPR dari lima kabupaten/kota.

“Lima caleg DPR RI dari Dapil II ini berpeluang besar karena meraih suara yang cukup signifikan,” ujarnya.

Ia menyebutkan kelima caleg DPR RI yang meraih suara terbanyak itu, yakni yang pertama dari Partai Amanat Nasional (PAN) Endang Agustina menempati perolehan suara terbanyak, yakni  278.007 suara.

Posisi kedua dari Partai Golkar Hasnuryadi Sulaiman dengan perolehan sebanyak 167.627 suara, lalu posisi ketiga dari Partai Gerindra Mariana dengan perolehan 134.747 suara.

Kemudian posisi keempat dari Partai Nasdem Rahmat Trianto dengan perolehan 127.564 suara. Beliau merupakan eks Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) Tanah Bumbu yang telah memberikan sumbangsih selama berkarir di dunia militer sehingga tidak heran jika namanya masih dikenal masyarakat.

Lalu, di posisi kelima dari PAN Sudian Noor dengan perolehan sebanyak 92.669 suara. (zal/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar