Politisi Nasdem H Rahmat Kutuk Serangan Israel ke Palestina, Kemenag Imbau Muslim Salat Ghaib

Ketua DPD Nasdem Tanah Bumbu Letkol Purnawirawan Inf H Rahmat Trianto MSi MHan | Foto: IST
JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Ketua DPD Nasdem Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Haji Rahmat mengutuk keras serangan Israel ke Palestina.

"Serangan itu menegaskan karakter mereka yang otoriter dan kolonialis," ujarnya.

Dalam perang sekalipun kata purnawirawan angkatan darat ini, ada etika yang harus dipatuhi. Tapi Israel telah melanggarnya secara serampangan. 

"Bayangkan, bahkan jalur distribusi obat pun telah diblokade Israil untuk masuk ke jalur Gaza. Ini sudah tidak manusiawi," tegasnya kepada Jurnal Banua, Jumat 13 Oktober 2023.

Pria bernama lengkap H Rahmat Trianto ini pun akan melakukan upaya konsolidasi. Agar ada tindakan nyata terkait konflik Israel-Palestina.

"Kita harus menyuarakan ini. Jangan diam. Ingatlah, saat Indonesia deklarasi kemerdekaan, Palestina yang pertama memberikan pengakuannya kepada kita. Jangan pernah melupakan sejarah," tegasnya.

Di sisi lain, Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau umat Islam untuk melaksanakan salat ghaib sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban jiwa.

Imbauan tersebut disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib di Jakarta, Jumat siang tadi.

"Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban meninggal dunia pada kejadian konflik kemanusiaan di Palestina, kami mengimbau umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan salat Ghaib dan qunut nazilah," ujarnya.

Korban jiwa akibat konflik ini terus bertambah, berdasarkan data, hingga Rabu, 11 Oktober 2023, diketahui korban tewas akibat konflik mencapai 2.327 orang. Kementerian Kesehatan Palestina mencatat setidaknya 1.100 orang tewas dan 5.339 lainnya mengalami luka berat dan ringan.

Para korban ini meliputi wanita, pria, anak-anak dan juga orang tua. Diketahui, selain korban jiwa, warga Palestina di jalur Gaza juga mengalami kerugian materi.

Penduduk di jalur Gaza kesulitan mengakses fasilitas umum karena pemutusan pasokan air, bahan bakar, listrik, dan makanan. (zal/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar