Bacaleg Nasdem Kalsel H Rahmat Banjir Dukungan, Selendang Banua Siap Unjuk Kekuatan Emak-Emak

Bacaleg Nasdem Dapil Kalael II Rahmat Trianto berpose bersama beberapa anggota Emak-Emak Selendang Banua belum lama tadi | Foto: IST
JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN – Beranggotakan ratusan pengusaha UMKM, Emak-Emak Selendang Banua diam-diam memperhatikan perkembangan politik di Banua. Melalui gagasan mereka menyaring para bakal calon legislatif yang akan mereka usung di Pileg 2024.

“Sejauh ini yang kami anggap memiliki kapasitas yang cukup untuk memperjuangkan gagasan kami adalah Bacaleg Nasdem Kalsel Dapil II, H Rahmat Trianto,” ujar Ketua Emak Selendang Banua, Ratna Kustiah kepada Jurnal Banua, Selasa siang tadi.

Menurut Ratna, setelah berbincang lama dengan Rahmat baru-baru tadi, para emak-emak sepakat bahwa Rahmat memiliki gagasan yang tepat untuk sektor UMKM dan ekonomi kreatif di lokal.

“Selama ini kami para ibu-ibu kesulitan, acap “dikesampingkan” dalam percaturan politik daerah, padahal kami pikir, UMKM yang digerakkan para wanita memberikan sumbangan yang besar untuk ekonomi lokal,” bebernya.

Semua ini jelasnya, terjadi karena para wanita di daerah selama ini juga kurang berperan dalam politik. Padahal untuk tahun ini jumlah pemilih wanita di Tanah Bumbu sebanyak 40 persen.

“Kami sangat banyak, sayang biasanya dari kami juga belum menyadari betapa pentingnya menentukan pilihan yang tepat dalam politik,” jelasnya.

Berangkat dari kesadaran itulah maka Ratna dan beberapa rekannya yang merasa berkepentingan mengangkat kualitas kehidupa para wanita di Tanah Bumbu akhirnya membentuk Selendang Banua. Nama itu dipilih sebagai simbol ikatan gagasan yang kuat para wanita lokal.

“Siapa yang tak kenal dengan selendang, gambaran kelembutan sekaligus kekuatan wanita,” ujar perempuang yang berkutat dalam pengembangan pendidikan generasi muda ini.

Kembali ke Rahmat, hemat Ratna, purnawirawan itu memiliki gagasan yang mumpuni untuk meningkatkan kualitas ekonomi perempuan di Kalsel. Gagasan yang dituangkan Rahmat saat bertemu dengan para emak-emak di Tanah Bumbu ujarnya sangat masuk akal dan mudah diterapkan.

"Karena itu, kami sepakat, dalam memperjuangkan gagasan kami saat ini melihat potensi yang besar dalam Bacaleg Nasdem Kalsel II ini,” tekannya.

Terpisah, Rahmat kepada Jurnal Banua membenarkan beberapa waktu lalu, dirinya diundang Selendang Banua berdiskusi. Rahmat pun mengaku sangat antusias dengan gagasan dan aspirasi yang disampaikan para ibu-ibu itu.

“Saya terharu, mereka hanya meminta agar kita para politikus serius dalam memperjuangkan gagasan ke depannya. Mereka hanya meminta agar kita berpihak kepada masa depan bangsa ini,” ujarnya.

Satu ujar mantan Dandim Tanah Bumbu ini yang membuatnya merenung lama setelah pertemuan tersebut. Bahwa para pemilih di Kalsel sejauh ini sudah jenuh dengan politik praktis tanpa gagasan.

“Dan inilah yang kita perjuangkan bersama sebetulnya. Kita harus kedepankan gagasan di atas sentimen pribadi atau golongan,” pungkasnya. (zal/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar