Bangun Jembatan Kusambi, Pemkab Tanah Bumbu Kucurkan Belasan Miliar

Desain rencana Jembatan Kusambi yang akan dibangun Pemkab Tanah Bumbu
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Pembangunan Jembatan Kusambi yang menghubungkan Desa Maju Bersama dan Desa Maju Makmur Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu saat ini dalam tahap penyelesaian. 

Jembatan dengan panjang bentang lebih dari 50 meter diatas sungai ini diharapkan akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu, khususnya Desa Maju Bersama dan Desa Maju Makmur. 

Pasalnya, jembatan kusambi yang sebelumnya mengalami rusak parah mengakibatkan warga kesulitan dalam melakukan aktivitas ekonomi. 

Lebih lagi, jembatan tersebut juga membahayakan warga saat melintas mengendarai kendaraan. 

Mewakili Pemkab Tanah Bumbu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat, Hernadi Wibisono melalui Kepala Bidang Bina Marga, Ramdhan Nasution mengatakan, jembatan kusambi dipastikan selesai tahun ini. 

“Jembatan kusambi proyek multi years, kontraknya hingga bulan Maret 2023,” terang dia di ruang kerjanya kantor Dinas PUPR setempat, Senin (12/4/2023). 

Namun, diperkirakan dia, penyelesaian akan lebih awal dari batas waktu pelaksanaan melihat progress pekerjaan hingga bulan April 2023 sudah mencapai 80 persen. 

“Konstruksi sudah terbangun tinggal pemasangan rangka baja, material sudah lengkap di lapangan,” jelas dia. 

Disebutkan dia, jembatan kusambi berstatus jembatan rangka baja kelas B dengan kemampuan menahan beban lebih dari 20 ton. 

“Kekuatan jembatan diperkirakan hingga 100 tahun,” sebut dia. 

Pembangunan jembatan kusambi dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tanah Bumbu dengan nilai Rp 12.936.908.000,-.

“Pelaksana pekerjaan PT Indah Perkasa Konstruksi,” beber Ramdhan. (advertorial khusus/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar