Napi di Lapas Batulicin Rebutan Mau Baca Buku

Beberapa warga binaan di Lapas Batulicin asyik membaca buku di ruangan Pojok Baca. Baru saja Pemkab Tanah Bumbu meminjamkan 472 eksemplar buku ke sana | Foto: Jurnal Banua
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Beberapa narapidana serius membaca kalimat demi kalimat. Ada yang mempelajari cara bertanam hidroponik, teknis las dan seterusnya.

Belum lama tadi, Dispersip Tanah Bumbu meminjamkan 472 eksemplar buku ke Lapas Batulicin. Menyusul dibuatkan Pojok Baca di salah satu sudut penjara.

"Kita pinjamkan selama 3 bulan. Menunggu sumbangan seribu buku dari Perpusnas RI," ujar Kadispersip Tanah Bumbu Yulian Ramadhani kepada Jurnal Banua.

Dia mengapresiasi Kalapas Bambang Hari Widodo yang telah membangun pojok baca di sana.

"Sangat penting untuk meningkatkan kualitas warga binaan. Salah satunya lewat buku. Kami apresiasi Lapas Batulicin yang walau baru berdiri, tapi sudah banyak pengembangan yang mereka lakukan," ujarnya.

Sementara itu, Kalapas mengatakan, mereka berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembinaan di sana.

Tujuannya sederhana. Agar para narapidana ketika sudah bebas, menjadi manusia yang lebih baik.

"Kami ingin, mereka nanti menjadi warga yang berguna di masyarakat," ujarnya.

Saat ini, Lapas Batulicin telah memberikan banyak pelatihan kepada warga binaan. Diantaranya adalah pelatihan las dan kerajinan meubel. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar