Dongkrak Ekonomi Banua, Batfest 2022 Libatkan 500 UMKM, Bisa Belanja Pakai Qris

Koordinator Pokja UMKM dan PKL Batfest 2022, Anang Yusanto di depan salah satu stand UMKM | Foto: Batfest 2022 for Jurnal Banua
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Batulicin Festival (Batfest) diyakini akan menggenjot perputaran ekonomi pelaku UMKM di Banua secara signifikan. Saat ini yang sudah terdaftar memasarkan produk andalannya ada 500 UMKM.

Koordinator Pokja UMKM dan PKL Batfest 2022, Anang Yusanto kepada Jurnal Banua menjelaskan, UMKM yang terlibat bergerak di bidang kerajinan tangan.

"Home industry, perajin berlian, herbal Kalimantan, jasa, hingga pengusaha kuliner dari Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Pelaihari, Kota Baru, Kabupaten Martapura, bahkan Kota Banjarmasin," ujar pria yang juga GM Ehsan Agro Sentosa (Jhonlin Group).

Mereka menempati 135 tenda yang disediakan panitia secara gratis. Setiap stand bisa diisi dua sampai tiga pedagang dengan tenda seluas 5 x 5 meter. Beralas karpet, air bersih, listrik, serta fasilitas kebersihan.

Meski sudah terdaftar sekitar 500 UMKM dan PKL, masih banyak PKL yang memohon agar dapat ikut berjualan di area Batfest.

“Kami terpaksa mengizinkan mereka untuk membuka dagangan di luar area utama 12,5 hektare, karena sebenarnya total area lapangan Pantai Jhonlin sekitar 15 hektare yang di antaranya untuk area parkir,” tambahnya.

Guna mendukung program pemerintah menciptakan cashless society, para UMKM dan PKL melayani pembayaran dengan QRIS. 

“Nanti setelah acara, kami akan meminta laporan omset dari masing-masing UMKM dan PKL untuk mengetahui perputaran uang yang terjadi selama Batfest 2022 digelar,” pungkas Anang.

Batulicin Festival atau Batfest 2022 yang disebut sebagai festival terbesar di Indonesia timur akan menghadirkan belasan artis ibu kota dan lokal.

Mahalini, Tipe X, Wali, Via Vallen dan banyak lagi.

Para UMKM dan PKL itu bakal menjajakan produk masing-masing di area festival seluas 12,5 hektare yang dapat menampung 50 ribu penonton.

Batfest digelar sejak Selasa (27/12/2022) sampai Sabtu (31/12/2022) atau malam pergantian tahun baru yang bakal diramaikan pesta kembang api.

Area Batfest 2022 terbagi dalam area PKL, area UMKM, kuliner dan coffee fiesta, selain dua panggung besar yakni Lion Stage dan Dragon Stage atau panggung utama berukuran 18 meter x 24 meter. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar