Pusat Lamban, Tanbu Ambil Sikap: Bikin Sendiri Jalan Daerah di Satui

Jalan nasional di kilometer 171 kondisinya semakin membahayakan
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Sikap Balai Jalan yang terkesan abai dengan kerusakan jalan nasional di Satui, membuat pemerintah daerah mengambil sikap. Akan membuat jalan sendiri, pakai anggaran sendiri.

"Gak bisa lagi, jalan itu sudah sangat membahayakan. Kami terpaksa ambil sikap, dan semua di daerah setuju," ujar Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar kepada Jurnal Banua, Selasa (11/10/2022).

Menurut Zairullah, jalan nasional di kilometer 171 kondisinya sudah sangat labil. "Hasil kajian tim, sewaktu-waktu bisa longsor lagi," bebernya.

Sejatinya, jalan nasional itu adalah tanggung jawab pusat. Namun, hingga sekarang belum ada perbaikan signifikan. Sementara sejak beberapa hari terakhir sudah terjadi kemacetan panjang.

"Jadi ini sikap yang kami ambil. Sebagai bentuk tanggung jawab ke masyarakat. Kita akan buat jalan alternatif, jalan daerah," jelasnya.

Jalan alternatif daerah itu melingkar, dengan panjang sekitar 2,5 kilometer. Pemilik jalan diminta mau menghibahkan tanahnya sebagai bentuk amal jariah.

"Tapi kalau pemilik lahan tetap mau jual, ya kita akomodir. Tapi saran kami, hibahkan saja, sebagai bentuk amal jariah yang tidak pernah putus," ujarnya.

Seperti dikutip beberapa media, Kepala BPJN XI Banjarmasin, Syauqi Kamal menjelaskan, mereka tidak punya anggaran memperbaiki jalan itu. Juga tidak masuk perencanaan perbaikan di tahun depan. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar