Warga Sungai Lembu Mengadu Sawah Terendam, DPRD Minta Pemkab Tanbu Lakukan ini

Suasana rapat koordinasi di DPRD Tanah Bumbu, menanggapi keluhan warga Sungai Lembu
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Warga Desa Sungai Lembu mengadu ke DPRD. Banjir di sawah mereka, akibat irigasi yang belum selesai dikerjakan pemerintah.

Komisi I DPRD pun memanggil beberapa instansi pemerintah daerah, Rabu (11/5/2022). Mendesak pemerintah segera mencarikan solusi.

"Dalam waktu seminggu, kami harap sudah ada solusi untuk masalah ini," kata Ketua Komisi I DPRD Tanah Bumbu, Andi Erwin Prasetya.

Dia menjelaskan, akibat proyek saluran irigasi yang tidak rampung, sebanyak 183 hektare sawah warga terendam.

Pemerintah menjelaskan, bahwa untuk perbaikan tersebut tidak memungkinkan lagi menggunakan dana DAK namun salah satu caranya adalah menggunakan dana daerah.

Dan kepada pihak yang hadir pada rapat ini agar memberikan solusi bagaimana meminimalisir permasalahan ini yang luasnya mencapai 183 hektare.

Namun menurut Dinas Pertanian menyarankan untuk jangka pendek adalah menutup sementara saluran di desa tersebut sedangkan jangka panjangnya adalah memberikan asuransi usaha tanaman padi UTP.

Terkait pembangunan jangka panjang jaringan irigasi, program penyelesaian kegiatannya diusahakan dinas PUPR untuk dianggarkan pada perubahan. (advertorial)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar