Habib Cucu Pejuang Kemerdekaan Puji Zairullah Karena ini

Habib Muhammad Rofiq al Kaff membaca sair Maulid, tampak Bupati Zairullah Azhar (batik cokelat) di sampingnya
Ulama asal Palembang, Habib Muhammad Rofiq al Kaff memberi pujian kepada Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar. Menurut, cucu pejuang kemerdekaan Habib Abdullah al Kaff ini, Zairullah satu dari sekian pemimpin yang konsisten menerapkan nilai luhur keagamaan.

JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Pimpinan Majelis Ta'lim Miftahussurur Banjarmasin itu memberikan ceramah di Maulid Nabi, yang digelar MUI Tanah Bumbu, Kamis (4/11) sore tadi. Tampak hadir di sana Bupati Zairullah Azhar.

Habib Rofiq saat mengisi ceramah, mengaku bangga ada pemimpin di Kalsel seperti Zairullah. "Mencintai ulama. Dan menerapkan ajaran spiritual dalam pemerintahannya," ujarnya.

Usai acara, Habib menyempatkan diri wawancara dengan Jurnal Banua. Menurutnya, para pemimpin hendaknya seperti Zairullah.

"Dalam pemerintahan beliau menerapkan nilai-nilai luhur spiritual. Ini bisa memberikan percepatan dalam pembangunan," bebernya.

Salah satu pemimpin yang sukses memberikan contoh penerapan nilai spiritualitas dalam pemerintahan adalah, ujarnya adalah Umar Abdul bin Aziz.

Meski hanya memimpin dalam waktu singkat -tiga tahun- tapi revolusi yang dilakukan Umar kala itu tercatat dalam tinta emas. Ekonomi warga meningkat pesat. Kecintaan terhadap ilmu tumbuh subur.

Habib Rofiq pun mengimbau, visi dan misi Zairullah mendapat dukungan dari semua kalangan. Menurutnya, kapasitas Zairullah selama ini terlihat mampu diandalkan untuk menjawab tantangan masa kini.

Siapa sebenarnya Habib Rofiq? Dia adalah ulama besar kelahiran Palembang 23 September 1974. Cucu dari pejuang kemerdekaan Habib Abdullah al Kaff, yang dikenal dekat dengan Presiden RI pertama Soekarno.

Lahir dari garis Ibu yang merupakan keluarga besar ulama Al Kaff 10 Ilir Palembang.

Habib Rofiq lah yang pertama menggelar Maulid Nabi selama 40 malam di Palembang. Itu juga yang pertama di Indonesia.

Setelah malang melintang di Nusantara. Pada 2014 silam Habib mendirikan Majelis Ta'lim Miftahussurur di Banjarmasin.

Habib juga dikenal gemar menulis. Banyak karyanya yang sudah dibukukan. Di antaranya Manakib Kiswah Habaib Palembang, Manakib Al Faqih Al Muqadam. Beliau juga dikabarkan sedang menyelesaikan novel bertema tasawuf. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar