280 Ribu Bibit Udang Windu Disebar di Sepunggur

Dinas Perikanan Kalsel dan Tanah Bumbu membagikan bantuan bibit windu di Desa Sepunggur
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Kabar gembira, sebanyak 280 bibit undang windu diberikan kepada petani tambak di Desa Sepunggur, Minggu (7/11) tadi. Bantuan itu kolaborasi Dinas Kelautan provinsi dan kabupaten.

"Bantuan diberikan untuk Pokdakan Selatan Makmur. Harapannya, hasil produksi udang windu mereka bisa meningkat," ujar Kadis Perikanan Tanah Bumbu Yulian, melalui Kasi Pemberdayaan Usaha Kecil dan Pembudidayaan Ikan Rahmiwati Zulfah.

Sekadar diketahui, Dinas Perikanan Tanah Bumbu saat ini gencar meningkatkan potensi perikanan melalui kampung-kampung budidaya ikan. Sesuai program besar Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Produksi selain memenuhi kebutuhan lokal juga untuk bermain di pasar internasional.

"Potensi Tanah Bumbu sangat besar. Sekarang ini kita juga sudah mengolah albumin dari bahan baku ikan gabus. Ini nilai ekonominya sangat besar," kata Yulian belum lama tadi.

Berbagai program yang dilakukan Dinas Perikanan Kabupaten Tanahbumbu adalah sebagai upaya untuk Pemberdayaan Masyarakat Desa. Mempersiapkan diri menjadi lumbung ikan dan udang sebagai pemasok utama Ibu Kota Negara yang baru dan perencanaan ke arah ekspor.

"Semoga program-program Dinas Perikanan dapat terwujud dan didukung oleh semua pihak. Agar misi ke-4 Bupati Tanahbumbu mewujudkan perekonomian daerah berbasis pengembangan potensi maritim dan agroindustri dapat terwujud," pungkasnya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar