Teduh Orasi Zairullah di Naungan Karet, Cari Pemimpin yang Tidak Memperkaya Diri

Suwartinah dan Nanik asyik menyimak orasi Zairullah, sembari meladeni pesanan pelanggan | Foto: Jurnal Banua
JURNALBANUA.COM, TANAH BUMBU - Tangannya cekatan melayani pesanan pembeli. Nanik dan Suwartinah banjir pesanan ketika Zairullah datang ke desa mereka.

"Lima ribu satu gelas," kata Suwartina kepada Jurnal Banua. Ia kemudian asyik memblender anggur, di bawah rimbun kebun karet, Desa Jombang Kecamatan Satui, akhir pekan tadi.

Mereka berjualan jus buah. Saat kampanye dialogis calon bupati Zairullah Azhar. Meski tangan mereka sibuk, tapi telinga tampaknya asyik menyimak visi misi pendiri Bumi Bersujud itu.

Suwartinah dan Nanik mengatakan, semua calon bagus. Mereka pun mengikuti perkembangan gagasan para calon pemimpin Tanbu.

Program Zai kata mereka menarik. Ingin mengembalikan konsep Bumi Bersujud seperti dulu.

"Untuk perkembangan anak muda, konsep itu bagus," kata Suwartinah.

Pun begitu, ditanya apakah mereka mendukung Zai, dua emak-emak ini enggan mengungkapkannya. Nanik, khususnya beralasan bersikap netral, karena pekerjannya.

Namun ia berharap, siapa pun nanti yang terpilih agar memperhatikan kesejahteraan guru-guru. Juga meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini.

Sementara itu, dalam orasinya, Zairullah mengatakan, Tanah Bumbu saat ini sedang tidak baik-baik saja. Ada dua masalah besar: tingginya angka pengangguran, dan meroketnya kasus penyakit seksual.

Kata Zairullah, dua masalah itu salah satu penyebabnya adalah rendahnya kualitas pendidikan. Data saat ini menunjukkan, rata-rata pendidikan warga Tanbu hanya sampai kelas satu dan dua SMP.

Kondisi itu diperparah dengan semakin hilangnya pilar-pilar agama dalam kehidupan bermasyarakat. "Insya Allah, kami diberikan amanah, masalah itu akan kita selesaikan bersama-sama," ujarnya.

Menurut Zairullah, pemimpin yang baik adalah mereka yang tidak mengejar harta. Tapi jika sudah menomorsatukan urusan dunia, maka tinggal menunggu kehancurannya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar