Paman Birin Tegaskan, Sekolah Belum Boleh Tatap Muka di Kelas - Jurnal Banua -->

Paman Birin Tegaskan, Sekolah Belum Boleh Tatap Muka di Kelas

Di Kalsel anak-anak masih belum boleh turun ke sekolah | Foto: ilustrasi

JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Gubernur Kalsel Sahbirin Noor akrab disapa Paman Birin memberikan pernyataan tegas, terkait kegiatan mengajar di sekolah. "Hanya zona hijau yang boleh belajar tatap muka. Kita di Kalsel belum ada zona hijau," ujarnya dalam keterangan resminya, baru-baru tadi.

Keputusan itu kata Paman Birin dari SKB (surat keputusan bersama) 4 Menteri, tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021, dan Tahun Akademik 2020/2021 pada masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 tertanggal 15 Juli 2020.

Dalam keputusan empat menteri itu, ditegaskan selain zona hijau, sekolah dilarang menggelar kegiatan belajar tatap muka. Untuk Kalsel, mayoritas masih zona merah. Sisanya baru zona orange.

Ada empat zona menurut kriteria Kemenkes. Zona hijau tidak terdampak wabah. Zona kuning risikonya rendah. Zona orange risiko sedang. Sedangkan zona merah risiko tinggi.

Walaupun zona hijau, kegiatan belajar tatap muka diatur dengan sangat ketat. Mengikuti aturan protokol kesehatan.

Pun begitu, untuk zona hijau, jika orang tua menolak anaknya ke sekolah, diperbolehkan oleh pemerintah. Artinya, zona hijau pun, orang tua berhak meminta guru mengajar via daring saja.

Aturan ini disambut baik mayoritas orang tua yang sempat diwawancarai wartawan. "Baguslah. Karena kami masih khawatir anak ke luar sekolah. Takut tidak ada mengawasi mereka," kata Wahyudi orang tua murid. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar