Anggota DPRD Kotabaru Termuda, Ternyata Lulusan Cum Laude Ekonomi ULM - Jurnal Banua
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Anggota DPRD Kotabaru Termuda, Ternyata Lulusan Cum Laude Ekonomi ULM

Anggota DPRD Kotabaru Termuda, Ternyata Lulusan Cum Laude Ekonomi ULM

Gewsima Mega Putra

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Ia lahir 2 Februari 1991. Meski masih muda, Gewsima Mega Putra ternyata kenyang prestasi dan mumpuni dalam dunia bisnis.

Dari data yang diperoleh Jurnal Banua, anggota DPRD dari PDI Perjuangan itu meraih status Cum Laude saat lulus sarjana di ULM Banjarmasin 2013 silam.

Prestasi serupa kembali ia raih saat menyelesaikan pasca sarjananya. Di bidang magister manajemen.



Baru-baru tadi, Jurnal Banua berkesempatan berbincang terkait pandangan-pandangan ekonominya. Menurut pria yang akrab disapa Putra itu, UMKM lokal adalah salah satu potensi yang belum dikembangkan dengan maksimal.

"Kita banyak produk lokal. Berkualitas. Tapi sayang, tidak mampu bersaing di pasar modern," ujarnya.

Ia pun memberikan contoh industri keripik rumah tangga di kawasan Mega Sari. Usaha home made tersebut katanya mampu menembus pasar tradisional hingga ke Kaltim.

"Sebenarnya tinggal kemasan saja, juga polesan di sana-sini produk warga itu bisa masuk mall atau supermarket," ujarnya.

Selama ini kata Putra, produk UMKM tertatih jalan sendiri. "Bahkan beberapa produk yang bagus seperti olahan ikan belum ada masuk ke BPOM. Ini masalah kita."

Kata Putra, tak perlu jauh-jauh dulu. Pemerintah bisa mengupayakan produk UMKM lokal menembus minimarket lokal yang sekarang mulai menjamur

Caranya bisa dengan kebijakan pemerintah. Seperti aturan bagi mimimarket untuk menjajakan produk lokal. Setelah menenuhi syarat-syarat, baik itu kemasan, standar kesehatan dan lainnya.

Ia pun mengimbau semua pihak bersinergi. "Kunci daerah itu bisa maju kalau komunikasi kita dibangun dengan baik. Kuncinya itu komunikasi," tekannya. (JB)



Space Iklan

Tags

Posting Komentar