Tahukah Anda? Ini Besaran Gaji Dewan Kotabaru - Jurnal Banua
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tahukah Anda? Ini Besaran Gaji Dewan Kotabaru

Tahukah Anda? Ini Besaran Gaji Dewan Kotabaru

Perempuan memegang uang | Foto: ilustrasi

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Tahukah Anda, berapa gaji anggota DPRD? Sepertinya lumayan besar. Anggapan ini beralasan, mengingat mayoritas anggota dewan terus saja maju di Pileg.

Dari data yang didapatkan Jurnal Banua, besaran uang yang diperoleh tiap bulan oleh anggota DPRD Kotabaru berkisar Rp35,3 juta. Untuk unsur pimpinan kisarannya Rp29,7 juta.

Mengapa unsur pimpinan lebih sedikit? Karena pimpinan tidak mendapatkan tunjangan transportasi Rp9,2 juta per bulan. Namun pimpinan mendapatkan mobil dinas.

Sekadar diketahui, di Kotabaru jumlah wakil rakyat ada 35 orang. Terdiri dari tiga orang unsur pimpinan dan sisanya adalah anggota.



Total pendapatan tersebut adalah gaji pokok plus tunjangan-tunjangan. Tunjangan paling besar adalah tunjangan komunikasi. Mencapai Rp12,4 juta per bulan.

Semua pendapatan itu belum mencakup uang perjalanan dinas. Sudah bukan rahasia lagi, anggota DPRD menghabiskan banyak waktu dengan perjalanan dinas ke luar daerah.

Dari informasi yang dihimpun Jurnal Banua, uang saku perjalanan dinas ke luar daerah bisa mencapai Rp2,5 juta per hari. Di luar uang transportasi dan akomodasi.

Anggota DPRD periode 2019 - 2024 akan dilantik pada tanggal 26 Agustus mendatang. "Mereka nanti memakai setelan jas dan pin di dada," ujar Sekwan DPRD Kotabaru, Djoko Mutiyono.

Melihat angka-angka itu, wajar banyak orang jadi anggota DPRD. Bahkan berani ke luar ratusan juta rupiah.

Tidak sampai setahun modal sudah bisa balik. Dengan catatan anggota DPRD nya pandai berhemat.

Namun salah satu anggota dewan yang namanya enggan disebutkan mengatakan. Angka itu hanya di atas kertas. "Kalau bisa nabung iya lumayan. Tapi kan, seperti saya ini, uang-uang itu habis ke konstituen saja," akunya.

Katanya, uang gaji dan lain-lainnya habis untuk membantu warga. "Ada nanti warga yang kepepet perlu ya dibantu. Seperti itu. Bisa saja saya cuek, matikan hape. Tapi saya gak bisa gitu," tandasnya.

Sekadar diketahui, partai peraih kursi terbanyak di DPRD Kotabaru adalah PDI Perjuangan. Sebanyak tujuh kursi. (JB)

Baca juga: Seru, DPRD Kotabaru Banyak Wajah Baru


Space Iklan

Tags

Posting Komentar