Satelit Nusantara Satu Diluncurkan, Ini Kata Jokowi... - Jurnal Banua -->

Satelit Nusantara Satu Diluncurkan, Ini Kata Jokowi...

LEPAS LANDAS: Roket SpaceX Falcon 9 membawa satelit Nusantara Satu ke angkasa | Foto: screenshoot video www.spacex.com

JURNALBANUA.COM, JAKARTA - Satelit Nusantara Satu akhirnya berhasil mengorbit di atas langit Papua. Dibawa oleh roket SpaceX Falcon 9, Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida, Amerika Serikat, Jumat (23/2) pagi kemarin.

Satelit itu konon akan beroperasi di April 2019 nanti. Menjangkau hampir seluruh pelosok daerah.

Kabar ini disambut baik beberapa warga. Di sosial media beberapa netizen menilai tepat langkah Indonesia meluncurkan satelit sendiri.

Dari informasi yang dihimpun Jurnal Banua, Nusantara Satu merupakan satelit yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) berkapasitas hingga 15 Gbps.

Teknologi itu diyakini mampu memberikan layanan internet broadband dengan kapasitas jauh lebih besar dibandingkan satelit konvensional.

Presiden Joko Widodo melalui akun sosial media resminya di Facebook dan Twitter mengatakan, Slot orbitnya tepat di atas Papua, dan pengendaliannya dari pusat kontrol di kawasan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Minggu (24/2/2019), Direktur Utama PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Adi Rahman Adiwoso mengatakan, sekarang ini lebutuhan internet atau broadband sangat tinggi.

"Kami memperkirakan ada 25 ribu desa yang tidak memiliki koneksi komunikasi internet memadai. Jadi, target kami untuk membantu mencakup mereka," kata Adi sebelum proses peluncuran dilakukan," ujarnya. (JB)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar