Lulusan Politeknik Kotabaru Dilirik Banyak Perusahaan, Termasuk Perusahan Migas Raksasa - Jurnal Banua -->

Lulusan Politeknik Kotabaru Dilirik Banyak Perusahaan, Termasuk Perusahan Migas Raksasa

Foto: Ketua Yayasan Sugian Noor melakukan prosesi adat sebagai simbol keselamatan dan berkah bagi para mahasiswa yang diwisuda

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Dirut Politeknik Kotabaru Ibnu Faozi optimis puluhan mahasiswa yang baru diwisuda pada Sabtu (20/10) tadi bisa bersaing di dunia kerja. Terlebih perhatian beberapa perusahaan lokal terkait lulusan Politeknik cukup tinggi.

"Kita ada kerja sama dengan beberapa perusahaan. Seperti IBT, Golden Hope, ITP Tarjun," ujarnya kepada wartawan di sela acara wisuda tersebut.

Walau lulusan Politeknik masih Diploma III, Ibnu optimis para mahasiswa tersebut siap bekerja sesuai bidang masing-masing. Ada empat jurusan, teknik mesin, teknik listrik, dan administrasi bisnis.

Lulusan Politeknik sebutnya sudah banyak bekerja di perusahaan raksasa. Salah satunya di PT Mubadala Petroloeum, perusahaan migas di Lari-larian yang tiap tahun memberikan beasiswa kepada puluhan mahasiswa Politeknik.

Kalau juga sebutnya ada mahasiswa yang kesulitan mencari kerja di perusahaan maka disarankan membuka usaha sendiri. "Ini sebenarnya yang paling baik, mandiri membuka usaha untuk memberi lapangan kerja lebih luas," paparnya.

Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan Idiannor Mahyudin memberikan ucapan selamat kepada salah satu lulusan terbaik Politeknik Kotabaru tahun 2018
Bagaimana caranya? Kata Ibnu, pihak kampus bisa memberikan koneksi ke kementerian agar mahasiswa atau alumni bisa berwirausaha. "Ada program wirausaha itu. Tinggal mau tidak sungguh-sungguh," tekannya.

Selain itu, para mahasiswa juga bisa meminta bantuan kepada para dosen atau alumni lainnya jika lulus kesulitan mendapatkan pekerjaan. "Kita ada grup alumni. Jalin komunikasi. Banyak alumni kita yang sudah tersebar kemana-mana," ungkapnya.

Terpisah, Ketua Yayasan Sugian Noor, mengaku optimis Politeknik mampu menciptakan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan memadai. "Dosen-dosennya sudah banyak. S2 sudah banyak, bahkan ada yang mau lanjut ke S3," ujarnya.

Politeknik sebutnya, merupakan salah satu kampus favorit di Kotabaru. "Para mahasiswanya bukan cuma dari Kotabaru saja. Tapi juga banyak dari Tanah Bumbu. Dan Politeknik juga sudah mendapatkan akreditasi, jadi ada jaminan bagi para lulusan kami," tekannya.

Sekadar diketahui, Politeknik tahun ini meluluskan 97 mahasiswa Diploma III. Dalam acara wisuda itu hadir Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Idiannor Mahyudin, Wakil Bupati Kotabaru Burhanudin, Ketua DPRD Kotabaru Alfisah dan perwakilan dari beberapa perusahaan lokal. (JurnalBanua)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar