Gawat, Lima Belas Ribu Pelanggan PDAM Kotabaru Terancam Krisis Air

Petugas PDAM membersihkan waduk yang mulai mengering

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Baru kemarau sebulan kondisi debit air di waduk Gunung Ulin turun drastis. Dalam sehari turun sekitar 10 sentimeter, dari total ketinggian daya tampung 6 meter.

Jika kemarau terus terjadi, maka gangguan akan dirasakan pelanggan yang disuplai dari Gunung Ulin. Totalnya ada sekitar 15.000 pelanggan.

"Kalau seperti ini terus, maka puncak krisis akan kita alami dua bulan ke depan," kata Dirut PDAM Kotabaru Noor Ipansyah kepada Jurnal Banua, Selasa (21/8) malam tadi.

Sementara ini kata dia masyarakat diminta melakukan penghematan. Menampung air dalam tandon, untuk persediaan jika suplai terganggu.

Pun begitu, pihaknya mengaku akan segera melakukan antisipasi. Sama dengan tahun lalu, antisipasi bisa dengan melakukan layanan aliran air secara bergilir.

Dia menambahkan, waduk Gunung Ulin hanya menampung air permukaan. Tidak ada sumber air dari dalam tanah. Sehingga debitnya sangat bergantung curah hujan. (Jurnal Banua)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar