Bupati Resmikan Kantor Sungai Cuka

Bupati Zairullah Azhar menyaksikan penandatangan prasasti peresmian kantor Desa Sungai Cuka
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Kabar gembira. Kini kecamatan persiapan Rejo Mukti Barokah akan memiliki bangunan yang representatif.

Rabu (21/12/2022), Bupati Zairullah Azhar melakukan peletakan batu pertama pertanda mulai dibangunnya Kantor Kecamatan Rejo Mukti Barokah di atas tanah yang dipersiapkan menjadi pusat perkantoran di wilayah itu.

Kecamatan itu sendiri merupakan wilayah pemekaran dari daerah induknya yaitu Kecamatan Satui guna mendekatkan pelayanan publik agar lebih mudah mudah dijangkau oleh warga masyarakat.

Camat Satui, Kadri Mandar menjelaskan proses pemekkaran itu telah dimulai sejak tahun 2020. Dari awalnya terdapat 16 desa, maka sesuai peraturan maka dimekarkan lah beberapa desa agar memenuhi syarat yaitu 10 desa untuk kecamatan induk dan 10 desa bagi wilayah pemekaran.

Di daerah itu juga sudah sudah disiapkan 5 hektar tanah dengan partisipasi warga agar proses pembentukan ibukota kecamatan bisa berjalan dengan lancar dan proses pemerintahan bisa terintegrasi dan mudah di akses warga karena berada dalam satu kawasan.

Sementara itu, Bupati Abah Zairullah menyebutkan, pemekaran wilayah itu juga merupakan cita-cita besar dan harapan masyarakat dalam mengembangkan wilayahnya.

Ada empat pilar utama yang menjadi fokus dalam pembangunan di Bumi Bersujud, salah satunya yaitu Pilar Pemerintahan, dan pemekaran itu menjadi bukti nyata kesungguhan pemerintah daerah dalam melayani masyarakatnya.

“Sudah sewajarnya apa yang menjadi harapan dan cita-cita masyarakat dipenuhi pemerintah daerah, sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat itu sendiri,” sebutnya.

Pembentukan kecamatan persiapan itu juga berkat dukungan dan perjuangan semua pihak, termasuk para anggota DPRD yang menjadi corong aspirasi masyarakat di wilayah itu.

Bupati berharap, peresmian itu bukan sekedar perayaan simbolis tapi juga substantif agar kecamatan tersebut bisa dituntaskan seluruh prosesnya dan memenuhi harapan masyarakat.

Turut berhadir dalam peresmian itu, Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, Ketua TP PKK, Ketua DWP, Pejabat SKPD, Camat dan Muspika Satui, KP2D serta undangan lainnya.

Sebelum berhadir di Desa Wonorejo, Bupati Abah Zairullah juga meresemikan Kantor dan Gedung Serbaguna Desa Sungai Cuka, Kecamatan Satui yang dibangun menggunakan dana CSR dari PT Wahana Baratama Mining. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar