Bawaslu Banjarmasin Garap Buhan Paunjunan, Siap Perangi Politik Kapitalis di 2024

Bawaslu Kota Banjarmasin gelar sosialisasi pengawasan penyelenggaraan pemilu partisipatif, sebelumnya mereka juga melakukan edukasi serupa ke grup pemancing di kota ini
JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN -  Politik uang adalah salah satu ciri kapitalis. Untuk itu Bawaslu Banjarmasin coba bermanuver agar pemilu 2024, praktik lancung itu bisa berkurang.

Caranya, Bawaslu mengedukasi dari bawah. Kali ini, Bawaslu coba memberikan pendidikan politik ke grup paunjunan (bahasa Banjar: pemancing) yang ada di kota seribu sungai itu.

Bawaslu menganggap, para pemancing tahu betul dengan seluk beluk daerah terpencil yang ada di Kota Banjarmasin. Serta paham benar pola pikir masyarakat di mana dia tinggal.

"Harapan kita masyarakat ikut terlibat mengawasi tahap pemilu ke depan. Kebetulan kemarin yang kita target, bebuhan peunjunan. Menurut kita bebuhan peunjunan ini kan orang-orang yang paham betul seluk beluk kota Banjarmasin," kata Ketua Bawaslu Banjarmasin, Muhammad Yasar, Selasa (1/11/2022).

Tambah Yasar, politik uang dalam pemilu 2024 nanti merupakan tanggung jawab bersama untuk tangkal politik uang.

"Bahaya budaya politik uang ini dapat merusak sendi-sendi kehidupan, demokrasi, bahkan tata negara,” ujarnya.

Sebelum sosialisasi politik uang kepada komunitas pemancing, Bawaslu juga gencar adakan sosialisasi kepada masyarakat melalui Kesbangpol Banjarmasin.

"Sudah dengan masyarakat-masyarakat melalui Kesbang, kemudian juga melibatkan bebuhan dewan-nya," tutup Yasar. (mar/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar