Jalan Kotabaru di Seberang Seperti Bubur, Warga Tuntut Percepat Kambatang Lima

Mobil warga terjebak lumpur di Kotabaru daratan seberang (Pulau Kalimantan) tepatnya di ruas jalan Kecamatan Kelumpang Tengah menuju Sang-Sang
JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Musim penghujan warga Kotabaru ramai-ramai memposting jalan rusak di sosial media. Suara-suara agar proses memisahkan diri dari Kabupaten Kotabaru dipercepat pun semakin kencang.

"Makanya kita berpisah dari Kotabaru untuk kemajuan kita bersama. Yaitu kabupaten baru Lambatang Lima," tulis akun Jakaria, Senin (18/7/2022).

Salah warga penuntut Kambatang Lima, Herpani mengatakan, jalan Kotabaru yang masuk Pulau Kalimantan semakin parah.

Kendaraan roda dua dan empat terjebak lumpur saat musim hujan menjadi cerita biasa.

Kata Herpani beberapa ruas jalan utama antar kecamatan yang rusak parah bisa dilihat di Kecamatan Kelumpang Tengah - Kelumpang Barat.

Kondisi itu jelasnya sudah mereka alami puluhan tahun.

Wajar sebutnya, warga di sana meminta memisahkan diri dengan membentuk kabupaten baru bernama Kambatang Lima.

Sekadar diketahui, proses pemekaran Tanah Kambatang Lima terus berjalan. Bahkan Pemprov Kalsel pun telah memberikan dukungan.

Dari pantauan Jurnal Banua, kondisi jalan penghubung beberapa kecamatan memang rusak parah. Musim hujan begini, berubah seperti bubur lumpur. Sulit dilalui kendaraan bermotor. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar