Munajat di Desa, Bangun Disiplin Prokes dengan Pendekatan Agama

Kadisperindag Deny Haryanto (dua dari kanan) dan Komite Percepatan Pembangunan Daerah Anwar Ali Wahab (baju putih) menggelar doa dan zikir terbatas bersama warga di Desa Karang Rejo Kecamatan Karang Bintang
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Selasa (27/7) pagi, Bupati Zairullah Azhar dan para pejabat, kembali bertebaran dalam jumlah amat terbatas ke desa-desa. Memimpin zikir dan doa bersama, bermunajat agar pandemi segera berlalu.

Di Desa Karang Rejo Kecamatan Karang Bintang, terlihat Kadisperindag Deny Haryanto dan Komite Percepatan Pembangunan Daerah Anwar Ali Wahab. Mereka berzikir di Masjid Raudatul Jannah.

Deny dalam sambutannya mengatakan, kasus meningkat di mana-mana. Tidak terkecuali di Tanah Bumbu. Selain vaksin, cara lain paling efektif adalah dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Pakai masker, penelitian sudah membuktikan, ini sangat efektif mencegah penularan. Juga selalu jaga kebersihan," imbaunya.

Sementara itu Anwar Ali Wahab menjelaskan. Selain prokes, zikir dan doa juga memegang peranan penting.

"Bupati Zairullah ingin meniru Brunei Darussalam. Negara yang berhasil meminimalisir Covid 19, dengan disiplin dan pendekatan keagamaan," bebernya.

Lanjut Anwar, dalam Islam sudah begitu ketat diatur masalah kebersihan. "Dalam sehari minimal kita lima kali cuci tangan, saat wudhu. Itu kenapa saat corona ini ada mualaf, yang masuk Islam karena melihat agama ini menjaga betul kebersihan," ucapnya.

Usai zikir dan doa, dialog warga dan petinggi di Pemkab pun digelar. Suasana berjalan gayeng. Penuh keakraban.

Warga saat itu meminta, agar desa mereka dibantu perikanan air tawar. Ada kolam di desa buatan PTPN. Lokasinya persis di tengah desa. "Itu bagus dibuat kolam atau keramba," kata warga.

Sekadar diketahui, sudah beberapa hari terakhir Zairullah Azhar menginstrusikan zikir dan doa bersama di desa-desa. Mendekatkan diri secara keagaman secara kolektif dia yakini mampu meningkatkan disiplin warga dalam menjaga prokes. Juga membangun kepercayaan diri dan ketenangan.

"Juga perlu dicatat. Setiap insan dikaruniai kelebihan berbeda-beda. Doa bersama juga meningkatkan peluang dikabulkan Tuhan. Kita tidak tahu, barangkali ada di antara kita yang doanya makbul," ucapnya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar