Ketua KPU Tanbu Sebut Partisipasi Pemilih Tinggi, Capai 85 Persen

Ketua KPU Tanbu Makhruri (kanan) bersama unsur Muspida memeriksa kesiapan pengamanan Pemilu belum lama tadi
JURNALBANUA.COM, TANAH BUMBU - Ketua KPU Tanah Bumbu Makhruri mengucapkan terima kasih kepada semua penyelenggaran pemilu 2020. Menurutnya, kesadaran politik meningkat, dibuktikan dengan meningkatnya partisipasi pemilih hampir 20 persen.

"Tahun ini partisipasi mencapai 84,54 persen. Kalau tahun 2015 sekitar 60,8 persen," ujar Makhruri, Selasa (15/12) tadi.

Keberhasilan itu katanya tidak lepas dari peran jajaran penyelenggara. Pemkab Tanbu, TNI Polri, tim kampanye pasangan calon. Khususnya masyarakat pemilih di Tanah Bumbu.

"Juga peran media massa, baik cetak atau elektronik. Yang sudah mengawal proses demokrasi dengan baik," bebernya.

Total suara yang terpakai sebanyak 186.113 dari 220.380 DPT. Sementara untuk yang tidak menyalurkan hak pilih ada sebanyak 34.267. 

Dari data itu ujarnya, bisa ditarik kesimpulan bahwa minat

"Hasil rekapitulasi ini sudah selesai dilakukan, dan paslon 03 yakni Zairullah Azhar - Muhammd Rusli yang unggul dari dua pasangan calon lainnya," beber Makhruri.

Pasangan Zairullah Azhar - M Rusli ke luar sebagai cabub cawabup terpilih, dalam rekapitulasi perhitungan suara KPU Tanbu, di Hotel Ebony, Senin (14/12) malam tadi.

Suasana rapat pleno di Ebony Tanah Bumbu, Senin (14/12)
Zairullah - Rusli meraih suara 104.234. Sedangkan pasangan Syafruddin H Maming - M Alpiya Rakhman meraih 72.710 suara. Disusul pasangan Mila Karmila - Zainal Arifin hanya 4.205 suara.

Total suara sah ada sebanyak 181.149, yang tidak sah sebanyak 4.964.

Di Januari nanti, agenda KPU selanjutnya adalah penetapan calon terpilih. "Mari sama-sama kita kawal proses demokrasi. Untuk masa depan Tanah Bumbu yang lebih baik," tekannya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar