Zairullah Menyadarkan Saya, Kepemimpinan itu Ternyata Anugerah - Jurnal Banua -->

Zairullah Menyadarkan Saya, Kepemimpinan itu Ternyata Anugerah

Zairullah Azhar diboncang Fawahisah saat memenuhi undanga warga di pelosok Tanah Bumbu baru-baru tadi 

   *Catatan perjalanan: Fawahisah Mahabatan

Sejak beberapa hari belakangan saya mendampingi ayahanda Zairullah Azhar, memenuhi undangan-undangan warga Tanah Bumbu. Melihat dari dekat bagaimana ayahanda berdialog bersama warga, saya sadar satu hal, karakter kepemimpinan itu anugerah.

Saya jauh lebih muda dari Zairullah, dari sisi usia. Tapi jujur saya akui, energi positif beliau seakan tidak pernah ada habisnya. Belum pernah saya lihat ekspresi ayahanda cemberut. Padahal kunjungan-kunjungan itu, seperti yang saya rasakan sendiri, benar-benar menguras raga.

Tutur katanya, tatanan kalimatnya, semua ke luar dari ilmu. Ketulusannya memancar. Energi jiwanya itulah yang saya lihat mengalir ke luar, sehingga orang-orang yang berada di dekatnya ikut tertular.

Saya banyak bertemu para pemimpin, tapi sedikit yang punya karakter kepemimpinan. Pesona kepemimpinan itu tidak bisa lahir instan. Dia mesti lahir dari pengalaman hidup bertahun-tahun. Zairullah telah menempa dirinya sejak muda dengan ilmu, sehingga bisa seperti sekarang ini.

Tidak sekali dua saya melihat warga menangis ketika bertemu beliau. Warga di pelosok ketika melihat wajahnya, seakan tergambar romantisnya kepemerintahan Tanah Bumbu di bawah kepimpinanannya dahulu.

Sekarang, sosok yang dirindukan itu telah kembali.

Sungguh, wahai saudaraku. Melihat ayahanda berbincang dengan masyarakat, saya sadar hal mendasar itu. Bahwa ternyata, ilmu dan akhlak merupakan sumber kebahagiaan kita.

Saya yakin, kita semua merindukan Bumi Bersujud ini kembali menyeimbangkan tatanan masyarakatnya.

Dan semoga garis tangan beliau kembali memimpin di tanah penuh sejarah ini. Menuntaskan konsep besar yang belum selesai. Karena kelalaian kita selama ini. Telah melupakan nilai-nilai luhur awal didirikannya Bumi Bersujud. (*)

Penulis adalah Ketua Fraksi PAN Tanah Bumbu

Kirim tulisan atau opini anda ke redaksijurnalbanua@gmail.com


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar