Kapolda Kalsel Puji Kedisiplinan Kampung Tangguh Banua Batulicin Irigasi - Jurnal Banua -->

Kapolda Kalsel Puji Kedisiplinan Kampung Tangguh Banua Batulicin Irigasi

Kedisiplinan warga di Kampung Tangguh Banua, Desa Batulicin Irigasi mengundang pujian dari Kapolda Irjen Pol Nico Afinta, Jumat (26/6) pagi tadi

JURNALBANUA.COM, TANAH BUMBU - Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta berdecak kagum. Melihat sistem penanganan dampak Covid-19 di Kampung Tangguh Banua, Desa Batulicin Irigasi, tersebut Jumat (26/6) pagi tadi.

Nico melihat sendiri, bagaimana warga mampu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Walau berada di pelosok Tanah Bumbu, kesadaran kolektif warganya patut diapresiasi.

"Luar biasa warga di sini. Semoga, disiplin tinggi ini terus diterapkan. Sehingga nanti menjadi budaya," ujar Nico.

Dari pantauan wartawan, tiap rumah di desa, sudah memiliki sarana cuci tangan. Ada yang terbuat dari bekas galon, jeriken, juga kaleng bekas cat.

Warga jika ke luar rumah saat ini sudah terbiasa memakai masker. Bahkan, ke kebun pun alat pelindung diri itu mereka pakai.

Menurut Kades Batulicin Irigasi, Supriyadi, kesadaran itu tidak tumbuh serta-merta. Namun melalui proses edukasi yang panjang.

"Ini bisa kita lakukan juga, karena peran polisi dan TNI di masyarakat. Bersama-sama tokoh-tokoh di sini, tida henti mengedukasi warga," bebernya.

Di kampung tangguh ini, Anda tidak akan bisa langsung masuk ke desa tanpa diperiksa. Mulai dari pemeriksaan data sampai dicek kesehatan fisiknya.

Itu belum cukup, tujuan masuk desa pun harus kuat. Jika dipandang tidak mendesak, desa tidak akan mengizinkan para pendatang masuk ke sana.

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Sugianto Marweki beberapa waktu lalu menjelaskan, kedisiplinan melakukan protokol kesehatan, merupakan kunci keberhasilan menuju new normal. Dengan new normal, geliat ekonomi kembali akan bergerak.(shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar