Berhasil Tekan Kerumunan Manusia, Kampung Tangguh Tanbu Diapresiasi Kapolda - Jurnal Banua

Berhasil Tekan Kerumunan Manusia, Kampung Tangguh Tanbu Diapresiasi Kapolda

Kapolda Irjen Pol Nico Afinta meninjau pos relawan online di Kampung Tangguh Banua, Batulicin Irigasi | Foto: Jurnal Banua

JURNALBANUA.COM, TANAH BUMBU - Walau berada di pelosok pedesaan, sistem penanganan dampak wabah Covid-19 di Kampung Tangguh Banua, Desa Batulicin Irigasi, mendapat apresiasi Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta.

Warga desa, tidak hanya mampu menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat. Tapi juga mampu cepat beradaptasi dengan pola aktivitas new normal.

Jumat (26/6) pagi kemarin, Nico Afinta melihat sendiri suasana pos relawan online di tengah desa. Pos itu sibuk membantu warga yang memesan barang di pusat kota.

Para relawan terdiri dari anak muda, sibuk menghubungi para pedagang. Ada warga memesan ikan kering untuk lauk. Ada memesan peralatan kebun, dan sebagainya.

Setelah cocok barang dan harga, pesanan kemudian diantar oleh tukang ojek online yang sudah bekerja sama dengan desa.

Memudahkan transaksi, pos relawan juga telah bekerja sama dengan Bank BRI. Di dalan pos tersedia mesin untuk melakukan transaksi non tunai.

"Jadi warga tidak perlu jauh-jauh ke kota. Berkerumun ke pasar Pak Kapolda. Cukup minta bantuan ke relawan online," ujar Kepala Desa Batulicin Irigasi, Supriyadi.

Nico sendiri mengakui, penanganan di Batulicin Irigasi sudah begitu detail. "Luar biasa Pak Kades. Dengan begini, ekonomi kembali berputar," kata Kapolda.

Di tiap sudut desa, juga dipasang spanduk besar. Berisi nama-nama pedagang keliling, berikut nomor hape mereka. Para pedagang itu bergiliran masuk desa, mengantar pesanan. (shd/jb)


Dapatkan berita terbaru dari kami, dengan cara klik like atau suka Fanspage FB ini


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar