53 ODP Selesai Karantina Mandiri, Tetap Tenang dan Jaga Jarak - Jurnal Banua -->

53 ODP Selesai Karantina Mandiri, Tetap Tenang dan Jaga Jarak

Pesan Nabi ketika ada wabah

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Per 2 April, sudah ada 53 ODP (Orang Dalam Pemantauan) yang dinyatakan selesai. Artinya mereka sudah dikarantina di rumah selama 14 hari sejak datang dari zona merah corona, dan kesehatannya tidak mengalami gangguan selama masa karantina mandiri itu.

"Jadi tanggal 2 April ini, per pukul 08.00, total ODP yang masih kita pantau itu sebanyak 120 orang," ujar Plt Kadinkes Kotabaru Ernawati, Kamis (2/4/20) pagi tadi.


Sebelumnya, Ernawati berharap para ODP bisa terus bekerja sama dengan baik. Mengkarantina diri sendiri di rumah sampai statusnya dinyatakan aman.

Data 2 April pukul 08.00

Dinas Kesehatan sendiri bekerja sama dengan kepolisian, untuk memudahkan kerja petugas kesehatan di lapangan.

Pun begitu, hingga kini masih banyak ditemukan warga tidak mengerti ODP itu apa. Anggota DPRD Kotabaru Rabbiansyah akrab disapa Roby, meminta semua bersatu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Sampai tingkat desa harus kita tingkatkan edukasi terkait corona ini," pintanya.



Sebelumnya, Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin menekankan, Kapolri sudah mengeluarkan maklumat. Poin pentingnya adalah, keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi.

Untuk itu, segala kegiatan yang melibatkan orang banyak tidak diperbolehkan lagi. "Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati," ujar Kapolres.

Masyarakat diminta untuk menghindari kerumunan. Juga diimbau berada di rumah saja, tidak perlu ke luar jika tidak mendesak.

Kalau pun ke luar, warga diminta jaga jarak dengan orang lain. Tidak bersentuhan. Dan jika batuk, gunakan masker. (shd/jb)



Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar