Antisipasi Virus Corona, Pelindo III Banjarmasin Bersih-Bersih di Terminal Penumpang - Jurnal Banua -->

Antisipasi Virus Corona, Pelindo III Banjarmasin Bersih-Bersih di Terminal Penumpang

Bersih-bersih di Pelabuhan Trisakti, Jumat (13/3/20) pagi tadi

JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Meningkatnya kasus penyebaran virus corona di Indonesia, menjadi perhatian serius semua pihak. Tak terkecuali Pelindo III Regional Kalimantan, Banjarmasin.

Guna mengantisipasi adanya kemungkinan masuknya virus corona di Pelabuhan Penumpang Trisakti Banjarmasin, karyawan Pelindo mensterilkan areal pelabuhan, Jumat (13/3/2020) pagi tadi.



Dengan menggunakan peralatan lengkap seperti masker, sarung tangan dan disinfektan, para petugas kesehatan Kantor Kesehatan Pelabuhan, TNI-POLRI dan sejumlah pegawai Pelindo III, melakukan aksi bersih-bersih di sejumlah lokasi di terminal penumpang Trisakti.

General Manager Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Imran Rasidi yang didampingi Regional Manager SDM dan Umum Wahyu Eko Yulianto serta Deputy Manager PKBL Mamu Yuwono, menyampaikan, upaya bersih-bersih dilingkungan pelabuhan dalam rangka menekan kemungkinan penyebaran virus corona akan rutin dilakukan.

Manajer di Pelabuhan memberikan keterangan kepada wartawan



Apalagi ujarnya, kegiatan program Jumat bersih memang selalu digalakkan Pelindo III tiap pekan.

"Kali ini kami melakukan pembersihan di area yang dinilai rawan terhadap penyebaran virus ini. Tiap Jumat kami bersih-bersih," ucapnya kepada wartawan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Dikatakannya, antisipasi pencegahan untuk mengurasi resiko penyebaran virus corona di Pelabuhan Trisakti terhadap penumpang juga sudah disiapkan pihak pelabuhan bersama KKP. Seperti penyediaan alat pendeteksi suhu tubuh.



"Kami mengimbau masyarakat di Kalsel, selalu jaga kondisi dan kebersihan tubuh, makan yang bergizi, jangan panik, selalu ikuti terus arahan yang diberikan pemerintah setempat," ingatnya

Tak hanya di Banjarmasin, gerakan ini juga dilakukan terminal penumpang di masing- masing pelabuhan hingga seluruh kantor operasional Pelindo III di empat regional, yaitu Kalimantan, Jatim, Jateng dan Bali-Nusra.

Semua dibersihkan

Terpisah, Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heliyanto mengungkapkan, gerakan bersih bersih serempak itu merupakan upaya dari Pelindo III dalam menekan resiko penularan virus yang belakangan ini mulai meningkat di indonesia.

Terlebih ujarnya, Pelindo III sebagai operator pelabuhan merupakan salah satu pintu keluar dan masuk penumpang dari berbagai daerah. Harapannya langkah ini dapat menekan penyebaran virus tersebut.



“Kami lakukan gerakan bersih-bersih ini serentak di seluruh pelabuhan dan terminal penumpang kita yang tersebar di empat regional, sejak hari ini dan rutin dilakukan setiap harinya," uuarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan yang memiliki wewenang tanggung jawab kesehatan untuk menyediakan alat pendeteksi suhu badan di masing masing terminal penumpang.

"Harapannya gerakan ini bisa menekan resiko penyebaran Covid-19," tambah Toto Heliyanto. (saa/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar