Selain Dipantau Dua Perwira Tinggi, Lautan Manusia Batfest 2024 Juga Meninggalkan Beberapa Fakta Menarik

LAUTAN MANUSIA: Malam pergantian tahun 2023 - 2024 di Batfest Tanah Bumbu, Kalsel menjadi magnet massa, sedikitnya seratus ribu orang memadati lokasi puncak acara yang diselenggarakan Jhonlin Group untuk menghibur masyarakat. Menariknya dalam lautan manusia tersebut tidak ada satu pun laporan gangguan kamtibmas seperti barang hilang dan sebagainya | FOTO: JHONLIN GROUP FOR JURNAL BANUA
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Kawasan Batulicin Festival benar-benar menjadi pertemuan akbar warga yang ingin menikmat malam pergantian tahun. Dari catatan polisi, nyaris seratus ribu orang hadir di malam itu, tanpa ada satu pun laporan kehilangan dan gangguan kamtibmas.

Tingginya angka kunjungan ke pesisir ujung tenggara Kalimantan Selatan yang berdekatan dengan Kaltim tersebut memang sudah terlihat sejak beberapa hari sebelum malam pergantian tahun. Berbagai event dan hiburan yang diselenggarakan Jhonlin Group sukses menjadi magnet wistawan lokal dan luar daerah.

Sebut saja jalan sehat berhadiah ratusan tiket umrah, dan deretan artis ibu kota. Bahkan beberapa taksi antar kota yang biasa melayani warga di pelosok kecamatan di Kabupaten Kotabaru terlihat hadir membawa banyak warga daerah tetangga itu.

PENGAMANAN: Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto mengisi buku tamu di pos pengamanan tahun baru di Batulicin didampingi Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, tampak Kapolres Tanah Bumbu AKBP Arief Prasetya (tiga dari kanan) | FOTO: HUMAS POLRES TANAH BUMBU FOR JURNAL BANUA
"Kami ke sini ikut jalan sehat, siapa tahu dapat umrah. Sekalian mau nonton Slank, kapan lagi bisa dengar lagu Virus yang jadi kenangan anak tahun 90 an," ujar Edy Rahmat warga Kotabaru kepada Jurnal Banua.

Jauh-jauh hari sebelumnya, TNI Polri di Tanah Bumbu telah memperkirakan kalau jumlah pengunjung ke acara Batulicin Festival (Batfest) 2024, di Jhonlin Pantai Festival akan membeludak. Kabar hadiah ratusan umrah, pameran dan artis ibu kota telah diketahui warga sejak sebulan terakhir.

Sehingga beberapa hari sebelum acara dimulai, TNI Polri telah melakukan serangkaian cipta kondisi. Dengan tujuan meniadakan potensi gangguan kamtibmas selama acara berlangsung.

Mengingat lokasi acara berada di pesisir, maka salah satu yang ketat diawasi adalah jalur transportasi laut. Mengingat tingginya mobilitas warga dan tantangan kamtimbas yang tinggi karena kondisi geografis, jadi salah satu alasan kedatangan dua perwira bintang di Batulicin.

Mereka adalah Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto dan Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Dua perwira bintang dua ini sejak petang malam pergantian tahun baru memantau langsung kondisi di lapangan. Termasuk memeriksa kesiapan sarana dan prasaran di beberapa pos pengamanan gabungan. Kedatangan mereka menjadi penambah semangat para anggota TNI Polri yang saat itu bertugas di lapangan.

Dibantu pemerintah daerah dan petugas keamanan terlatih milik Jhonlin Group, lautan manusia yang hadir di Batfest 2024 datang dan pulang dengan selamat. Dari informasi kepolisian, hingga acara berakhir tidak ada satu pun laporan kehilangan dari warga, begitu juga dengan gangguan kamtibmas. Rupanya pengalaman tahun lalu, di mana sempat ada beberapa oknum warga luar daerah yang melakukan aksi pencurian menjadi perhatian serius tahun ini.

Dimintai tanggapannya, Kapolres Tanah Bumbu AKBP Arief Prasetya kepada wartawan di Mapolres, Selasa 2 Januari 2024 mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Tanah Bumbu. Katanya, susana kondusif yang sangat terjaga selama beberapa hari hingga puncak acara merupakan bentuk tingginya kedewasaan warga Tanah Bumbu.

"Peran serta warga masyarakat sangat berarti bagi kami dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam perayaan tahun baru ini. Untuk itu kami ucapkan terima kasih,” ujar Arief.

Dia menekankan, warga Tanah Bumbu berhasil menunjukkan tingginya sikap toleransi dan kesadaran hukum mereka.

Diakui Arief, pihaknya memang memperketat proses pengamanan untuk perayaan malam pergantian baru. Sejumlah besar personil ditempatkan di beberapa lokasi yang dianggap strategis.

"Selain itu, juga dilakukan patroli rutin di seluruh wilayah lainnya, untuk memastikan tidak ada gangguan kamtibmas yang terjadi dan bisa merusak suasana pesta malam pergantian tahun baru,” tuturnya. (zal/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar