Ramadan Ride Tanbu, Napak Tilas Kemurahan Tuhan di Banua

Ramadan Ride kembali digelar tahun ini di Tanah Bumbu
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Puncak pengalaman ruhani satu lustrum Ramadan Ride di Tanbu tergambar dalam event yang digelar sebentar lagi. Seribuan bikers akan kembali turun ke jalan, lalu pulang ke akar moral kebudayaan lokal.

"Menapaktilasi kemurahan Tuhan yang terlukis di bentang Banua kita. Sekaligus berbagai kebahagiaan di bulan suci ini," ujar Ketua Ramadan Ride, Aries YK kepada Jurnal Banua.

Ramadan Ride adalah event yang digagas enam tahun silam. Oleh sekelompok pecinta motor yang tergabung dalam Gentelmans Kustom Bike.

Niatnya sederhana, jalan-jalan mensyukuri waktu karena masih bisa menikmati keindahan Ramadan. Sembari berbagi rezeki.

Event yang awalnya untuk komunitas tertentu, belakangan mendapat tempat di hati bikers. Peminat terus bertambah. Di tahun ke lima, peserta yang gabung tembus seribu bikers.

"Awalnya diikuti penggemar motor urban . Namun ternyata yang mau gabung banyak, tahun-tahun berikutnya komunitas-komunitas lain gabung," kenang Wakil Ketua Ramadan Ride, Richie Petroza.

Ramadan Ride
Selama lima tahun terakhir, banyak pengalaman ruhani yang mereka dapat. Berangkat dari sana, event tahun ini mereka membawa tema back on the root.

"Kembali ke akar budaya, kearifan lokal," jelas Richie.

Para pendiri Ramadan Ride rupanya menyadari. Berkumpulnya orang banyak dalam satu kesenangan, terkadang menimbulkan euforia berlebih.

Nah, selama lima tahun evaluasi para pendiri Ramadan Ride sepakat. Event ini bukan untuk gagah-gagahan. Tapi sebagai wadah silaturahmi -dibingkai dalam hobi yang sama- untuk menumbuhkan kepekaan empati sosial kemanusiaan.

Poin utama Ramadan dalam membentuk akhlak itulah yang sekarang mereka utamakan. Berhubung para bikers dari berbagai kalangan dan suku, diambillah tema kembali kepada kearifan lokal.

Ramadan Ride yang digelar tahun lalu | Foto: IST
"Tanah Bumbu - Kotabaru ini adalah miniatur nusantara. Dan selama ini kita hidup bertetangga demikian harmonisnya. Nuansa inilah yang mau kita tumbuhkan lewat Ramadan Ride," jelas Richi.

Tertarik ikut event akbar yang digelar 16 April nanti? Syaratnya cukup punya roda dua. Daftarnya gratis.

Lalu siapkan fisik, untuk start di Lapangan Tembak Polres Tanah Bumbu. Berangkat ke Serongga Kotabaru. Di titik inilah kegiatan amal dilakukan.

Bagi Anda yang berminat menanam amal, sebelum berangkat, belilah pernak-pernik Ramadan Ride. Hasil penjualan itulah yang disalurkan ke masyarakat. Anda dapat cendera mata, sekaligus pahala.

Rundown Ramadan Ride
Tiba kembali di titik awal, Anda akan diperlihatkan pentas kesenian daerah. Berbagai suku tampil. Untuk mengingatkan para bikers, kita bisa indah seperti ini karena adanya perbedaan.

Per 12 April, jumlah pendaftar sudah mencapai 840 orang. Bukan cuma dari Tanbu - Kotabaru, bahkan ada Pulau Jawa. Semua BPJS peserta ditanggung panitia, berikut konsumsi bukbernya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar