Nilai Polisi Lebih Humanis, Mahasiswa: Kan Kapolri Ikut Demo

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat ikut orasi di aksi unjuk rasa mahasiswa April tadi | Foto: Media Indonesia/Andri Widiyanto
JURNALBANUA.COM, JAKARTA - Dua himpunan mahasiswa yang berbasis keagamaan menilai polisi saat ini jauh lebih humanis.

Dibuktikan dengan berbagai pendekatan yang dilakukan ke berbagai elemen masyarakat.

"Memasuki umur 76 tahun, Polri semakin berbenah diri dan lebih humanis," kata Ketua Umum PP Hima Persis Ilham Nurhidayatullah belum lama tadi.

Pimpinan Pengurus Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam itu menilai, polisi terlihat masif melakukan kolaborasi dengan berbagai elemen dari organisasi kemasyarakatan, keagamaan, hingga mahasiswa.

Kolaborasi dan keterbukaan menjadi dua hal penting untuk mewujudkan visi Polri Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi, Berkeadilan (Presisi).

Hal senada diutarakan Ketua Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Himahbuddhi), Wiryawan.

"Dalam mengawal penyampaian pendapat di muka umum, menurut saya mereka (Polri) sudah humanis. Seperti saat aksi mahasiswa besar-besaran di DPR beberapa bulan lalu," ujarnya.

Wiryawan menyatakan, aksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang naik mobil komando dan ikut berorasi di tengah mahasiswa, menunjukkan Polri bersikap terbuka terhadap aspirasi mahasiswa dan menjunjung demokrasi.

"Bapak Kapolri juga turun langsung. Ini baru pertama kali ada Kapolri naik ke mobil komando massa. Saya pikir keterbukaan dan demokrasi Polri terhadap mahasiswa, kami rasakan di zaman beliau," pungkasnya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar