Luar Biasa, Program Zairullah ini Ingatkan Keindahan Anak Era Midun

Bupati Zairullah Azhar saat meluncurkan program Satu Desa Satu Masjid di Masjid Darul Azhar Desa Batu Benawa
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Sebanyak 169 masjid di Tanah Bumbu serentak meluncurkan program memakmurkan masjid. Program yang berangkat dari kecintaan kepada kehidupan generasi muda yang produktif.

Bupati Zairullah Azhar, resmi memulai program Satu Masjid Satu Desa, di Masjid Darul Azhar, Kamis (7/7/2022) malam. Darul Azhar mewakili masjid di Desa Batu Benawa.

Kegiatan yang sama juga digelar serentak di 167 desa lainnya.

Apa itu Satu Masjid Satu Desa? Sederhana.

Satu masjid di desa ditunjuk jadi pusat pendidikan non sekolah anak dan remaja.

Intinya, ada satu masjid di tiap desa yang akan buka 24 jam. Selain tempat untuk kegiatan ibadah warga, juga jadi wadah pendidikan anak dan remaja.

Di sana nanti akan ada guru untuk mengajar agama. Dia diberi honor dari pemerintah.

"Kita ingin anak-anak kita mencintai masjid. Harapannya dalam beberapa tahun ke depan, muncul generasi yang berkualitas," ujar Zairullah.

Dia mengatakan, ada sebuah daerah di mana anak-anak muda sukses menjadi pribadi yang berkualitas. Ternyata dulunya mereka adalah anak-anak yang hidupnya banyak dihabiskan di masjid.

Zaman dahulu ujarnya, sudah biasa anak dan remaja pada malam hari belajar di masjid. Pencak silat pun dilatih di halaman masjid.

Ya seperti novel Sengsara Membawa Nikmat karya Sutan Sati yang terkenal itu. Tokoh utamanya Midun. Seorang remaja yang terkenal berbudi pekerti luhur.

Anak-anak lanjutnya harus dilindungi. Dibentengi ruang pergaulannya, supaya tetap positif. Masa depan anak tegasnya adalah tanggung jawab bersama.

"Inilah salah satu upaya kita dalam mewujudkan slogan Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah," ujarnya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar