Asrul Sani: Era Jenderal Sigit, Polisi Semakin Humanis

Jenderal Sigit saat mengawal unjuk rasa mahasiswa
JURNALBANUA.COM, JAKARTA - Konsep Presisi dalam kepolisian dianggap menjadi jawaban, bagi tantangan tugas anak buah Jenderal Listyo Sigit Prabowo di era yang dinamis seperti sekarang.

Anggota Komisi III DPR RI Asrul Sani mengatakan, presisi merupakan keseimbangan antara humanisme dan ketegasan.

"Meletakkan keseimbangan dalam tugas-tugas penjagaan kamtibmas dan penegakan hukum antara ketegasan dan kemanusiaan, antara pendekatan keamanan nasional dengan penghormatan terhadap HAM," kata Arsul Sani kepada wartawan saat dihubungi, Selasa (5/7/2022).

Politikus ini mengatakan, polisi sekarang semakin maju. Sebab mempunyai konsep yang mengedepankan keseimbangan.

Salah satu contohnya adalah dengan pendekatan restorative justice.

"Sejauh ini diakui bahwa keseimbangan antara kebutuhan menjaga keamanan dan penegakan hukum dan penghormatan terhadap HAM menunjukkan kemajuan," ucap Arsul

Hal itu terlihat ujarnya, saat Kapolres Jenderal Sigit mengawal unjuk rasa mahasiswa di Jakarta pada April tadi.

Terakhir, dia berharap kerja-kerja Polri yang semakin positif ditingkatkan agar suara publik soal 'penegakan hukum tajam ke bawah, tumpul ke atas' semakin berkurang.

"Juga ketegasan pimpinan Polri dalam menindak pelanggaran para anggotanya. Komisi III berharap ke depan bisa ditingkatkan. Terutama di bidang penegakan hukum, agar makin mengecil suara di ruang publik bahwa penegakan hukum kita masih tebang pilih dan tajam ke bawah tapi tumpul ke atas," ungkap Arsul. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar