Resah Warga Sulit Cari Darah, Pemuda Kotabaru Bikin Aplikasi di Android

Plt Direktur Rumah Sakit Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru Drg Andrian Wijaya (kanan) memberikan penghargaan kepada pembuat aplikasi DarahMU.com, Lindu Arsyono
JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Dua pemuda Kotabaru buka trobosan baru, dengan menciptakan sebuah aplikasi yang diberi nama DarahMU.com

Dengan aplikasi ini, warga yang memerlukan darah atau mau donor darah, biasa melalui aplikasi ciptaan dua pria Pulau Laut Kotabaru, yang bernama Lindu Arsyiono, bekerja di laboratorium Rumah Sakit Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru. Yang satunya lagi  Heriadi ahli IT.

Untuk mendapatkan aplikasi DarahMU.com semua orang bisa mendapatkannya dengan menggunakan android.

Aplikasi DarahMu.com, merupakan aplikasi layanan informasi mengenai donor darah berbasis situs web dengan prinsip komunitas jejaring pendonor darah.

Terdapat menu-menu yang tersedia untuk membantu memenuhi kebutuhan pengguna, dalam mencari pendonor darah sukarela, maupun menu untuk menjadi calon pendonor

Banyaknya warga yang biasa kesulitan mencari pendonor darah. Dua pria ini berinisiatif untuk membuka trobosan yang bisa dipergunakan bagi warga yang membutuhkan bantuan donor darah.

Heriadi yang juga pemilik aplikasi mengatakan, aplikasi DarahMu.com merupakan sebuah aplikasi jejaring pendonor darah sukarela pertama yang hadir di Kotabaru. 

"Kami berharap, sebagai pengembang bisa  memberi manfaat serta amal jariyah bagi semua pihak yang turut mendukung pengembangannya dari aplikasi yang kami buat ini," tutur Heriadi.

Metode pengujian ini lanjutnya, meneliti fungsi dari sebuah perangkat lunak (software) tanpa melihat struktur internal dan kode pemrograman suatu aplikasi.

Uji fungsi dan validasi aplikasi DarahMu.com metode Black-Box Testing menggunakan 10 responden yang terdiri dari pengembang.

Semua responden tambahnya, diminta mengakses aplikasi DarahMu.com secara periodik selama satu hari, dengan interval tiga jam sekali, dan mencoba seluruh menu yang tersedia di aplikasi menggunakan peramban web baik di komputer maupun lewat smartphone.

"DarahMu.com merupakan sebuah aplikasi jejaring pendonor darah sukarela pertama yang hadir di Kotabaru. Kami berharap sebagai pengembang memberi manfaat serta amal jariyah bagi semua pihak yang turut mendukung pengembangannya dari aplikasi yang kami buat ini,” ungkap Heriadi.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Rumah Sakit Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru Drg Andrian Wijaya sangat mengapresiasi dua pemuda tersebut. Karena telah melakukan terobosan yang sangat luar biasa.

“Paling tidak pihak masyarakat yang terkendala akan terbantu dengan aplikasi ini. Mudahan dengan adanya aplikasi ini lebih mempermudah  lagi bagi pencari donor darah di Kotabaru, khususnya di Rumah Sakit Pangeran Jaya Sumitra yang kita cintai ini,” ungkapnya mengapresiasi. 

Sementara itu Ardiansyah salah satu masyarakat Kotabaru mendengar adanya aplikasi tersebut sangat bersyukur. 

Sangat membantu, bagi pencari orang yang mau mendonorkan darahnya. Tidak perlu lagi membagikan status kemana mana, tinggal menghubungi orang yang ada di aplikasi ini dan mengkonfirmasinya.

"Saya punya pengalaman betapa sulitnya mencari pendonor darah. Mudahan dengan aplikasi ini pencari pendonor darah tidak kesulitan lagi, dan pemerintah darah juga Haris mengapresiasi karya anak muda ini," pungkasnya. (her/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar