Dewan Akan Bantu Irigasi di Pulau Laut Timur

M Arif
JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Para wakil rakyat berusaha mengakomodir keinginan warga Pulau Laut Timur, terkait sarana irigasi untuk meningkatkan hasil pertanian.

Wakil Ketua DPRD Kotabaru Muhammad Arif mengatakan, dari pertemuannya dengan warga di sejumlah desa di Pulaulaut Timur diantaranya Desa Sungai Limau dan Karang Sari menghendaki adanya perbaikan sektor pertanian.

"Banyak hal yang menjadi aspirasi masyarakat Pulaulaut Timur, diantaranya adanya perhatian pada sektor pertanian, seperti bantuan bibit ungul, saprodi, sarana dan prasarana," kata Arif, Rabu (21/10) tadi

Mengenai infrastruktur jalan lanjut dia, memang sudah ada peningkatan dari yang tadinya masih rusak sekarang dalam tahap pengerasan, namun warga menghendaki hal ini bisa dilanjutkan dengan pengaspalan.

"Hal ini akan mempermudah akses warga dalam membawa hasil panen baik dari kebun atau sawah, maupun menuju ke luar desa untuk menjualnya," terang Arif.

Politisi Partai PPP ini menuturkan, secara umum infrstruktur di Pulaulaut Timur sudah dirasakan oleh masyarakat, khususnya untuk pemenuhan dasar seperti aliran listrik atau penerangan, ketersediaan air bersih dalambentuk bendungan atau embung.

Namun yang mereka inginkan adalah perlunya perhatian sektor pertanian seperti jalan akses ke lokasi kebun atau ladang serta sawah warga, kemudian yang lebih priorita lagi adalah saluran irigasi.

"Hal ini dimaksudkan agar dapat menunjang hasil panen seperti yang sudah bisa diterapkan Desa Berangas, karena adanya irigasi maka bisa dua kali musim tanam padi sawah dalam setahun," jelasnya.

Untuk itu Arif berjanji akan memasukkan usulan tersebut dalam forum baik legislatif dan eksekutif, yang nantinya dimasukkan dalam anggaran APBD tahun 2021. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar