Pusat Studi Otda Apresiasi Kinerja PMD di Tanah Bumbu Karena ini

Windy Krstia Resmi
JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Ketua Pelaksana Pusat Studi Otonomi Daerah Windy Kristia Resmi, memberikan apresiasi kepada Dinas Pemberdayaan Desa Tanah Bumbu. Menurutnya, kinerja PMD di Bumi Bersujud termasuk yang paling menonjol di Kalimantan.

"Laporan pengelolaan keuangan, pemanfaatan anggaran di desa itu sangat baik. Termasuk komunikasi mereka ke pusat," ujarnya kepada Jurnal Banua, Minggu (14/11) tadi di Aria Barito Banjarmasin di sela acara bimbingan teknis produk hukum desa.

Windy memberikan contoh, Tanah Bumbu termasuk yang rajin memberikan bimbingan kepada aparatur desa. Terkait peningkatan SDM untuk mengelola anggaran sesuai dengan peraturan.

"Kami harap, bimbingan teknis tidak berhenti di sini. PMD bisa mengajak desa-desa kaji banding misalnya ke Malang atau Jogya," tambahnya.

Temu muka antara aparatur desa begitu lanjutnya, dapat meningkatkan wawasan. Sekaligus ajang membuka diri terhadap perubahan yang saat ini begitu cepat terjadi.

"Masih ada soalnya, perangkat desa yang berpikiran tertutup. Khususnya di pelosok. Pertemuan rutin bisa menempa kepribadian mereka," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kadis PMD Samsir mengimbau perangkat desa yang mendapat bimbingan maksimal mengikuti materi hukum yang diberikan.

"Usai pelatihan, saya harap tidak ada lagi yang bingung menyusun program. Selama ini kan terhambatnya inovasi desa karena minimnya pengetahuan soal hukum," bebernya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar