DRPD Dukung 6 Pilar Pembangunan Pemkot Banjarmasin - Jurnal Banua
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DRPD Dukung 6 Pilar Pembangunan Pemkot Banjarmasin

DRPD Dukung 6 Pilar Pembangunan Pemkot Banjarmasin

Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya (dua dari kanan) dan Wakil Ketua M Yamin (kanan) berpose dengan Walikota Ibnu Sina dalam acara rapat paripurna Hari Jadi Banjarmasin

JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Dalam rangka hari jadi Kota Banjarmasin ke 493, DPRD Banjarmasin akan mendukung pemerintah setempat untuk merealisasikan 6 pilar pembangunan yang menjadi fokus utama menuju Banjarmasin Baiman.

Ketua DPRD Banjarmasin sementara, Harry Wijaya mengatakan, dewan siap mendukung apa saja program yang telah dicanangkan pemerintah setempat. Apalagi itu sudah menjadi tugas DPRD untuk mengawal pembangunan di kota ini.

"Kami berharap hubungan baik tetap terjalin antara legislatif dan eksekutif di Banjarmasin. Ini untuk mewujudkan pembangunan yang merata untuk kesejahteraan warga Banjarmasin," ujar Harry usai Rapat Paripurna terkait Hari Jadi Banjarmasin ke 493, Kamis (19/9/2019).

Anggota DPRD Banjarmasin berpose dengan Walikota Ibnu Sina di Makam Sultan Suriansyah sebelum rapat paripurna

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menginginkan, ke depan pemerintah tetap fokus melakukan pembenahan disegala bidang. Sesuai dengan tema hari jadi untuk mewujudkan kota Banjarmasin sebagai Kota Pariwisata Sungai dengan wira usaha baru yang kreatif dan inovatif.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin sementara, M Yamin menuturkan, di umur Banjarmasin ke 493 ini, tantangan ke depan akan semakin besar. Namum pihaknya berjanji akan terus mengawal sesuai dengan tugas dan fungsi dewan.

Pada era keterbukaan dan teknologi yang makin canggih, tambah Yamin, pemerintah setempat harus berani dan bisa memanfaatkan serta memanajemen sumberdaya yang dimiliki, termasuk peningkatan SDM untuk mencapai 6 pilar pembangunan Pemkot setempat.

"Memang masih banyak yang harus dibenahi. Misalnya terkait kesehatan dan kebersihan lingkungan. Insya Allah dengan dukungan masyarakat, kita bisa mewujudkan kota ini sebagai Kota Baiman (Barasih wan nyaman)," harapnya.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menjelaskan, dengan tidak meninggalkan karakteristik daerah, serta budaya sungai dan kearifan lokal, pihaknya akan terus berlari untuk memfokuskan dan mewujudkan 6 pilar pembangunan di kota ini.

"Enam pilar utama pembangunan Banjarmasin itu adalah, Banjarmasin Bertaqwa, Banjarmasin Aman, Banjarmasin Indah, Banjarmasin Maju, Banjarmasin Amanah dan Banjarmasin Nyaman," jelasnya.

Ibnu Sina juga mengakui, sebagai layaknya kota metropolitan, masih banyak permasalahan dan penataan kota yang perlu dibenahi. Seperti masalah kebersihan, perlunya peningkatan pelayanan kesehatan, masalah sanitasi, PKL dan parkir liar hingga berbagai persoalan lainnya.


Namun pada sisi lain ungkapnya, banyak juga capaian pembangunan yang telah terwujud dan dirasakan masyarakat kota.  Di antaranya pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK), pembangunan tempat fitness out door, pembangunan rusunawa, pembangunan taman air mancur menari.

Selanjutnya, pembangunan replika meriam benteng tatas, pembangunan trotoar ramah difabel, pembangunan plaza smart city, terbentuknya kampung Keluarga Berencana (KB) dan pembangunan RSUD Sultan Suriansyah yang akan segera diresmikan pada puncak hari jadi Kota Banjarmasin tahun ini. (Advertorial/JB)
Space Iklan

Tags

Posting Komentar