Demo di DPRD Kalsel: Semua Dinikmati Pusat, Bubarkan Otda

Masyarakat yang tergabung dalam KAKI Kalsel berunjukrasa di depan Gedung DPRD, Senin (15/11) siang tadi
JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Komisi Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Kalsel ngeluruk Gedung DPRD Kalsel, Senin (15/11) siang tadi. Mereka protes, menilai kebijakan pusat tidak adil terkait pendapatan tambang selama ini.

"Otonomi daerah hanya manis di bibir saja," kata Husai salah satu anggota KAKI Kalsel.

KAKI meminta para wakil rakyat memperjuangkan pendapatan daerah melalui tambang yang selama ini terus dikeruk dari Banua.

Selama ini katanya, pemerintah pusat dianggap telah berlaku tidak adil bagi rakyat di daerah. Banua yang rusak tapi aliran dana keuntungan tambang mayoritas ke pusat.

Massa yang berunjukrasa juga membawa banyak karton bertulisan. Salah satunya: Otda gaya baru tidak adil bagi daerah dan rakyat.

Juga ada spanduk bertulisan: kalau semua dinikmati pusat, bubarkan saja otda.

Sementara itu, Ketua DPRD Kalsel Supian HK mengaku setuju jika kewenangan dikembalikan ke daerah. Dia sepakat, rakyat Banua yang selama ini merasakan dampak lingkungan tambang, bukan pusat.

Dia pun berjanji akan memperjuangkan aspirasi itu ke pemerintah pusat. Supian juga menekan surat pernyataan yang disodorkan massa. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar