Keren, Batulicin Irigasi Tanbu Juara Kampung Tangguh Banua se Kalsel - Jurnal Banua -->

Keren, Batulicin Irigasi Tanbu Juara Kampung Tangguh Banua se Kalsel

Kades Batulicin Irigasi, Supriyadi (tiga dari kiri) menerima penghargaan dari Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta (dua dari kiri)

JURNALBANUA.COM, TANAH BUMBU - Hasil tidak pernah mengkhianati proses. Begitulah gambaran saat Kepala Desa Batulicin Irigasi Supriyadi menerima penghargaan juara Kampung Tangguh Banua dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta, dan Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Firmansyah di Mapolda Kalsel, Senin (17/8) siang tadi usai upacara kemerdekaan.

Kawasan eks transmigrasi yang berada di utara Kabupaten Tanah Bumbu itu dinilai paling baik, dalam upaya pencegahan pandemi di tingkat desa.

Mengalahkan Desa Banyuhirang Kabupaten HSU yang berada di posisi kedua. Serta Kelurahan Syamsuddin Noor, Banjarbaru, yang nangkring di posisi ketiga.

Tim penilai gabungan terdiri dari Pemprov Kalsel, Polda Kalsel, dan Korem 101 Antasari menganggap, Desa Batulicin Irigasi maksimal dalam menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian. Bahkan dengan inovasi dan kreasi, warga desa mampu menggali potensi ekonomi walau di tengah pandemi.

"Desa Batulicin Irigasi merupakan contoh terbaik penerapan adaptasi kebiasaan baru (new normal)," kata Kapolda.

Ia pun berpesan, agar Kampung Tangguh Banua terus dikembangkan. Di seluruh daerah di Kalsel.

Sementara itu, Kades Batulicin Irigasi, Supriyadi mengaku, tidak pernah menyangka desanya didaulat yang terbaik. "Ini kami jadikan cambuk motivasi, juga merupakan tanggung jawab moral yang besar," ujarnya.

Keberhasilan kampung tangguh di desanya, menurut Supriyadi tidak lepas dari peran Polres Tanah Bumbu, Kodim 1022 serta Pemkab Tanah Bumbu.

"Komunikasi tiga pilar terjalin dengan baik. Dari tingkat kabupaten hingga desa. Terkait penerapan kampung tangguh ini," bebernya.

Terpisah, Kapolres Tanah Bumbu AKPB Sugianto Marweki mengungkapkan. Batulicin Irigasi mereka pilih sebagai perwakilan Tanah Bumbu pada lomba kampung tangguh se Kalsel, karena desa ini tidak hanya mampu menerapkan protokol kesehatan secara mandiri dan kolektif. Tapi juga mampu mengembangkan konsep ekonomi sesuai adaptasi kebiasaan baru.

"Penghargaan ini patut kita apresiasi. Tapi jangan lengah. Terus tingkatkan kualitasnya. Begitu juga dengan desa-desa lainnya. Mari kita teladani semangat para pejuang bahari, yang pantang menyerah berbuat untuk bangsa dan negara," tandasnya. (shd/jb)

Baca juga: Kapolda Kalsel Puji Kedisiplinan Kampung Tangguh Banua Batulicin Irigasi


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar