Tangani Covid-19 , Dewan Banjarmasin Minta Pemerinta Perketat Pintu Masuk - Jurnal Banua -->

Tangani Covid-19 , Dewan Banjarmasin Minta Pemerinta Perketat Pintu Masuk

Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Matnor Ali

JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Matnor Ali meminta Pemkot setempat lebih intens dalam mencegah dan mengantisipasi Covid-19, khususnya di pintu gerbang masuknya warga ke wilayah Banjarmasin.

Pihaknya minta Dinkes segera mengimbau Puskesmas Pal 6, Puskesmas Kayutangi Ujung dan Puskesmas Pelambuan Trisakti untuk memperketat pengawasan terhadap warga yang masuk ke kota ini.



"Karena tiga Puskesmas ini berada di pintu gerbang Kota Banjarmasin," ucap Matnor Ali kepada wartawan di gedung dewan, Selasa (24/3/2020).

Dikatakannya, dewan juga menginginkan Dinkes melakukan koordinasi bersama Puskesmas Pelambuan Trisakti dan KKP setempat, agar melakukan pengawasan ekstra terhadap kapal tunda (Tugboad) dari wilayah yang terpapar Covid-19.

"Bisa saja ada tugboat yang berlayar dari wilayah zona merah berlabuh di Banjarmasin. Ini kan rawan. ABK mereka ada yang naik ke darat untuk berbelanja. Ini juga harus di waspadai," ingatnya.



Selain itu, politikus Golkar ini juga meminta Dinkes Banjarmasin menyediakan APD bagi tenaga kesehatan di tiga Puskesmas tersebut. Mengingat petugas medis menjadi garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19.

Di tempat yang sama, Kadis Kesehatan Banjarmasin Machli Riyadi mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan KKP setempat untuk melakukan pengecekan kesehatan dengan ketat terhadap warga yang masuk ke Banjarmasin. Begitupun dengan pihak bandara.

"Kalau untuk APD bagi tenaga kesehatan, kami sudah order alat ini ke Jakarta dan Surabaya dan Bandung. Ini prioritas kami, karena dokter dan perawat berada di garda terdepan," terangnya. (saa/shd/jb)



Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar