Ketika Danlanal Merawat Jantung Pesisir di Satui Tanah Bumbu

Danlanal Kotabaru Tanah Bumbu, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto (tengah) menanam mangrove di Setarap Satui, Senin (7/10) kemarin

JURNALBANUA.COM, TANAH BUMBU - Sedikitnya 5.000 anakan mangrove ditanam di Desa Setarap Kecamatan Satui, Tanah Bumbu, Senin (7/10) kemarin.

"Penanaman ini serentak di seluruh Indonesia. Terima kasih kepada Pemkab Tanah Bumbu, PT Borneo Indobara, PT Batulicin Bina Usaha dan seluruh elemen masyarakat yang mendukung kegiatan ini," kata Danlanal Kotabaru Tanah Bumbu, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto.

Jelasnya, penanaman mangrove yang bertema Selamatkan Bumi untuk Anak Cucu itu digelar untuk memeriahkan Ultah TNI ke 74.

"Mangrove memegang peranan penting untuk kelangsungan ekosistem desa-desa di pesisir. Mayoritas tanaman di pesisir Kotabaru dan Tanah Bumbu adalah mangrove," ujarnya.

Lanjut Guruh, jangan pernah sepelekan kehadiran mangrove. Tanaman tersebut tekannya, merupakan jantung kehidupan biota laut di pesisir.

"Karena hutan mangrove, kita bisa makan udang, kakap dan ikan-ikan lainnya," tekannya.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor melalui Staf Ahli SDM Anwar Salujang mengucapkan terima kasih kepada TNI AL dengan program penanaman mangrove tersebut.

"Pesisir kita memang rawan abrasi. Program ini sangat tepat untuk kelangsungan kawasan pesisir di Tanah Bumbu," ujarnya.

Semua unsur Muspida hadir di Desa Setarap saat itu. Termasuk Wakapolres Tanah Bumbu Kompol Arief Prasetya. "Keren pantainya. Harus kita jaga kelestariannya," ujar Arief. (JB)



Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar